facebook

Daftar Makanan Lezat Namun Berbahaya, Bisa Bikin Keracunan!

Yasinta Rahmawati
Daftar Makanan Lezat Namun Berbahaya, Bisa Bikin Keracunan!
Ilustrasi gambar makanan lezat namun berbahaya. (freepik)

Mungkin masih belum banyak yang tahu, beberapa makanan lezat ini berbahaya jika dimakan. Adapun dafar makanan lezat namun berbahaya yakni sebagai berikut.

Suara.com - Ada banyak makanan yang enak dan lezat dimakan. Namun, tak semua makanan lezat aman untuk dimakan. Mungkin masih belum banyak yang tahu, beberapa makanan lezat ini berbahaya jika dimakan. Adapun dafar makanan lezat namun berbahaya akan diulas di sini.

Diketahui, beberapa makanan pokok bisa berubah menjadi makanan paling berbahaya dan mengancam kesehatan Anda jika Anda tidak berhati-hati. Melansir dari sejumlah sumber, berikut ini daftar makanan lezat namun berbahaya yang perlu diketahui.

1.  Kacang tanah

Banyak orang yang alergi kacang. Respons yang paling parah adalah anafilaksis, reaksi alergi serius yang onsetnya cepat dan dapat menyebabkan syok, kehilangan kesadaran, bahkan kematian. Jadi pastikan Anda menghindari kacang tanah jika memang memiliki alergi.

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Mesut Ozil Posting Makan Rendang: Makanan Lezat!

2. Daun dan Batang Kentang

Mungkin keracunan kentang tidak terlalu umum, namun penting untuk diketahui bahwa batang dan daun kentang itu beracun. Bahkan, sebagian besar kematian terkait kentang berasal dari minum teh daun kentang atau makan kentang hijau. Pastikan Anda memanggang, memasak, merebus, atau menggoreng kentang dengan benar sebelum dikonsumsi.

3. Biji Ceri

Pada buah ceri yang lezat, terdapat biji ceri mengandung asam konjugat yang sangat beracun, yakni hidrogen sianida. Kandungan ini dapat tmempengaruhi sistem organ yang paling sensitif terhadap tingkat oksigen yang rendah seperti sistem saraf pusat (otak), sistem paru-paru (paru-paru) dan sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Oleh karena itu, Anda tidak perlu menelan bijinya.

4. Telur Mentah dan Daging Mentah

Baca Juga: Demi Hemat Listrik, Banyak Anak Keracunan Makanan Gegara Kulkas Tidak Menyala

Telur mentah dan daging mentah termasuk makanan laut dan unggas  mengandung bakteri salmonella. Keracunan Salmonella dapat menyebabkan komplikasi serius seperti bakteremia yang mengancam jiwa bagi orang yang memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah. 

Komentar