facebook

Mengenal Apa Itu Vaginismus, Permasalahan Organ Intim yang Dialami Wanita

Yasinta Rahmawati
Mengenal Apa Itu Vaginismus, Permasalahan Organ Intim yang Dialami Wanita
Ilustrasi Vaginismus. (Shutterstock)

Apa itu vaginismus? Vaginismus atau yang dikenal juga sebagai vaginisme adalah kontraksi otot-otot peri-vaginal yang terasa seperti terbakar selama berhubungan seksual.

Suara.com - Apa itu vaginismus? Vaginismus atau yang dikenal juga sebagai vaginisme adalah kontraksi otot-otot peri-vaginal yang terasa seperti terbakar selama berhubungan seksual. Ini adalah suatu kondisi yang mencegah atau membuat penetrasi vagina menjadi menyakitkan.

Kondisi ini juga adalah disfungsi seksual yang mempengaruhi sekelompok kecil populasi wanita, tetapi dapat diperbaiki setelah perawatan Sexology dan Gynecology. Setelah diperbaiki, ini dapat meningkatkan kesejahteraan seksual wanita dan menyingkirkan penghalang yang mencegah wanita untuk hamil.

Nah untuk selengkapnya, mari simak penjelasannya berikut ini mengenai apa itu vaginismus yang dihimpun dari berbagai sumber.

Apa Itu Vaginismus?

Baca Juga: Istri Terkena Vaginismus, Suami Malah Ancam Ajukan Cerai Jika Dalam Waktu 2 Bulan Tak Sembuh

Vaginismus atau vaginisme adalah istilah medis untuk sesak vagina dan rasa sakit yang membakar vagina selama hubungan seksual. Ini terjadi karena adanya pengencangan otot dasar panggul yang tidak disengaja, terutama kelompok otot PC (pubococcygeus), yang menyebabkan kontraksi spasmodik yang menyakitkan di vagina. 

Vaginismus ini dapat mempengaruhi kemampuan wanita untuk melakukan penetrasi vagina, termasuk segala bentuk penetrasi dari hubungan seksual hingga penetrasi manual maupun lainnya.

Selain itu, sulit bagi wanita yang terkena vaginisme untuk menjalani pemeriksaan ginekologi, karena melibatkan penetrasi manual oleh ginekolog. Singkatnya, vaginismus membuat segala jenis penetrasi terasa menyakitkan.

Ilustrasi menjaga vagina (Unsplash/Timothy Meinberg)
Ilustrasi vaginismus. (Unsplash/Timothy Meinberg)

Penyebab Vaginismus

Ada beberapa penyebab vaginismus yang perlu diketahui. Adapun beberapa penyebabnya yakni sebagai berikut:

Baca Juga: 6 Tips Berhubungan Seksual Bagi Lansia Agar Tetap "Panas' di Atas Ranjang, Wajib Tahu!

  • Gangguan psikologis

Gangguan psikologis sering menjadi penyebab paling umum dari vaginismus. Gangguang psikologis ini dipicu oleh trauma masa kecil, takut hamil, takut kehilangan keperawanan, trauma berhubungan seks, pernah diperkosa, dilecehkan atau diserang, menderita kecemasan atau depresi, dan hal lainnya.

Untuk memerangi vaginismus dari mana asalnya, pendidikan seks yang lengkap sejak kecil untuk semua anak perempuan sangat penting. Seringkali, kurangnya informasi merupakan pilar mendasar bagi keberadaan vaginismus, karena membuat orang menghadapi hubungan seksual dengan rasa takut.

  • Gangguan Fisik

Gangguan fisik atau fisiologis ini bisa dibilang penyebab yang tidak umum dari kondisi vaginismus. Meski demikian, ini penting untuk diketahui. Gangguan fisik penyebab vaginismus ini bisa meliputi:

  1. Selaput dara kaku
  2. Infeksi vagina dan/atau munculnya borok pada vagina
  3. Peradangan kelenjar Bartholi
  4. Aborsi atau kelahiran traumatis
  5. Penyembuhan episiotomi yang buruk (sayatan dibuat untuk memudahkan bayi keluar saat lahir)
  6. Penurunan estrogen dalam darah
  7. Tumor Panggul

Kontraksi vagina yang tidak disengaja dan rasa sakit yang disebabkan oleh gangguan fisik ini bukan hanya memerlukan perawatan ginekologi, tapi juga pendekatan psikologis.

Demikian ulasan mengenai apa itu vaginismus lengkap dengan penyebabnya yang penting untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar