Berbagai Penyebab Hidung Tersumbat Padahal Tidak Pilek, Termasuk Iritasi Hingga dan Alergi

M. Reza Sulaiman | Fajar Ramadhan
Berbagai Penyebab Hidung Tersumbat Padahal Tidak Pilek, Termasuk Iritasi Hingga dan Alergi
Ilustrasi hidung tersumbat. (Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels)

Sering kali bagi beberapa orang saat bangun tidur tiba-tiba hidung jadi tersumbat. Padahal, saat itu kondisinya sedang tidak mengalami pilek. Apa ya penyebabnya?

Suara.com - Sering kali bagi beberapa orang saat bangun tidur tiba-tiba hidung jadi tersumbat. Padahal, saat itu kondisinya sedang tidak mengalami pilek.

Hal ini sendiri sering kali mengganggu seseorang saat bangun tidur. Apalagi terkadang hidung tersumbat tersebut membuat sakit pada tenggorokan. Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan hidung tersumbat saat bangun tidur?

Melansir laman Medical News Today, hidung tersumbat saat bagun tidur ini sendiri bisa terjadi karena berbagai faktor yang ada. Salah satunya akibat adanya saluran hidung yang meradang saat tidur sehingga menyebabkan tersumbat saat bangun.

Ilustrasi hidung tersumbat di malam hari. (Elements Envato)
Ilustrasi hidung tersumbat di malam hari. (Elements Envato)

Kondisi hidung yang tersumbat ini bisasanya juga disebabkan beberapa faktor. Berikut beberapa faktor penyebab hidung tersumbat pada seseorang.

Baca Juga: Anak Bisa Alami Alergi Susu Sapi, Orang Tua Wajib Tahu Tanda dan Gejalanya!

Alergen

Hidung tersumbat saat bangun tidur pada seseorang bisa terjadi karena rinitis alergi. Kondisi ini yang menyebabkan saluran hidung mengalami peradangan. Biasanya kondisi ini juga menyebabkan beberapa gejala di antaranya:

  • Gangguan pada hidung
  • Rasa gatal
  • Bersin
  • Hidung tersumbat

Berikut terdapat beberapa alergen yang dapat menyebabkan hidung tersumbat, seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, dan alergen terkait pekerjaan (debu kayu, lateks, atau tepung).

Iritasi

Hidung tersumbat pada seseorang juga bisa disebabkan oleh iritasi. Biasanya, iritasi ini terjadi karena berbagai hal di antaranya sebagai berikut.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengatasi Alergi Debu agar Tak Sering Kambuh

1. Tembakau

Komentar