Jangan Asal Pelihara Kelinci, Belajar Dulu ke Komunitas Ini

Tomi Tresnady | Firsta Nodia
Jangan Asal Pelihara Kelinci, Belajar Dulu ke Komunitas Ini
Komunitas pencinta kelinci bernama Teman Kelinci merayakan ulang tahun pertamanya.(Foto: Instagram Teman Kelinci]

Siapa sangka jika kelinci terlalu banyak makan wortel bisa bikin pencernaannya terganggu.

Suara.com - Selain kucing dan anjing, kelinci merupakan hewan yang paling sering menjadi peliharaan manusia. Rupanya yang imut dan gerak-geriknya yang lucu dan menggemaskan, membuat siapapun jatuh cinta pada pandangan pertama.

Namun, di balik tingkahnya yang menggemaskan, ada banyak hal yang masih belum dipahami oleh mereka yang hobi memelihara kelinci. Salah satunya adalah jenis makanan yang boleh diberikan pada kelinci.

Banyak orang menganggap bahwa wortel adalah makanan utama kelinci. Faktanya wortel yang dikonsumsi berlebihan bisa membuat saluran cerna kelinci menjadi terganggu.

Nah, tak ingin banyak masyarakat yang salah kaprah saat memelihara kelinci, Lisa Juliana mendirikan Komunitas Teman Kelinci pada 21 Maret 2016.

Jangan Asal Pelihara Kelinci, Belajar Dulu ke Komunitas Ini - 1

Ia yang juga pecinta kelinci ini ingin menularkan tata cara merawat kelinci yang benar kepada masyarakat luas melalui komunitas ini.

"Teman Kelinci hadir di tengah masyarakat sebagai wadah untuk memberi pengetahuan kepada sesama pecinta kelinci bagaimana merawat kelinci yang baik dan benar," ujar Lisa ketika ditemui pada ulang tahun pertama Teman Kelinci beberapa waktu lalu.

Menurut Lisa, jika dirawat dengan baik, salah satunya melalui pemberian makan yang tepat, kelinci bisa berumur panjang layaknya hewan peliharaan lain seperti kucing atau anjing hingga usia 10 tahun.

Komunitas pencinta kelinci, 'Teman Kelinci' didirikan pada 21 Maret 2016.(Foto: Instagram Teman Kelinci]

Lalu, apa makanan yang tepat bagi kelinci? Lisa berujar, 80 persen porsi makan kelinci sebaiknya berupa rumput hay, 10 persen lainnya pallet khusus kelinci, dan sayuran hanya boleh 10 persen dari total porsi makan kelinci setiap hari.

Selain pakan, kelinci juga memerlukan kandang yang sebaiknya diisi hanya untuk satu kelinci. Kandang juga harus dilengkapi dengan ventilasi udara yang bagus dan cukup untuk memfasilitasi pergerakan kelinci saat melompat atau berlari.

Lisa yang sudah memelihara kelinci sejak 2015. Dia mengaku biaya perawatan untuk mengurus 10 kelincinya memang tak sedikit. Namun, hal ini tak jadi masalah baginya asal hewan kesayangannya itu bisa tumbuh sehat dan menggemaskan.

Komunitas pencinta kelinci, 'Teman Kelinci' didirikan pada 21 Maret 2016.(Foto: Instagram Teman Kelinci]

Ia menambahkan ada beberapa jenis ras kelinci yang sering dipelihara masyarakat Indonesia antara lain Fuzzy, Jersey Wolly, Lion Head, Rex, English Anggora, Holland Lop, dan Netherland Dwarfs.

Berbagai rangkaian kegiatan menghiasi perayaan ulang tahun pertama Teman Kelinci beberapa waktu lalu, di antaranya Rabbit Speciality Show untuk kelinci jenis Jersey Wooly oleh Indonesian Rabbit Society dan fun games yang terdiri dari kompetisi Bunny Soulmate dan Bunny Fashion Show.

"Melalui fun games, kami ingin menyampaikan pesan kepada peserta dan pengunjung bahwa ikatan yang baik antara pemilik dan peliharaan mereka sangat berpengaruh terhadap kebahagiaan serta kesehatan hewan peliharaan," pungkas dia.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan tips seputar perawatan kelinci dan bertemu sesama pecinta hewan berkuping panjang ini, kunjungi akun media sosial mereka di Facebook maupun Instagram @temankelinci.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS