Jalan Panjang Sebelum Menjadi Idol di Korea

Vania Rossa | Rima Suliastini
Jalan Panjang Sebelum Menjadi Idol di Korea
Maydoni, youtuber Korea. (Instagram/@maydoni)

Sebelum debut menjadi idol, harus menjalani masa-masa latihan super panjang sebagai trainee idol.

Suara.com - Sebelum populer sebagai bintang K-pop ataupun bintang film, para artis Korea ini harus menjalani masa-masa berat sebagai trainee idol di sebuah agensi. Hal ini diungkap oleh Maydoni, seorang youtuber yang pernah menjadi trainee idol di salah satu agensi besar di Korea.

Maydoni baru-baru ini mengungkapkan bagaimana persaingan di agensi menjadi sangat berat. Terlebih, tidak ada jaminan kapan mereka akan debut sebagai idol, demikian seperti dilansir dari Korea Times.

Maydoni yang kini banting setir menjadi Youtuber karena tak kunjung debut, bercerita jika dia masuk dalam agensi JYP Entertainment dan digembleng untuk terus berlatih dan berlatih tanpa ada jaminan kapan debutnya dimulai.

Kala itu umurnya baru 11 tahun dan dia mengungkapkan bagaimana dirinya berlatih dengan deretan nama besar ketika mereka masih sama-sama jadi trainee di JYP Entertainment, seperti Sunye dari grup Wonder Girls dan juga Jo Kwon dari grup 2AM.

Tak kunjung debut, Maydoni kemudian pindah agensi ke YG Entertainment, sebuah agensi yang menaungi beberapa grup besar seperti BIGBANG dan BLACKPINK. Training selama 4 tahun tapi lagi-lagi dia tak dapat kepastian debut.

Banyak hal ekstrim yang dilakukan agensi terhadap para trainee-nya. Salah satunya, Maydoni diminta menurunkan berat badan hingga menyentuh angka yang nggak masuk akal, yaitu 38 kg. "Itu sangat membuatku stres," ujarnya.

Selain itu, lingkungan dalam gedung YG juga tidak sehat. Menurut Maydoni, mereka dididik untuk bersaing satu sama lain alias jadi rival, bukan rekan.

"Ketika kami para trainee berkumpul, kami dibanding-bandingkan. Kami jadi rival, tapi inilah yang sangat berkontribusi atas lahirnya artis-artis cakap," kenangnya.

Maydoni juga bercerita, bagaimana ketatnya YG menjaga privasi trainee mereka. Maydoni pernah dilarang berdekatan dengan trainee lelaki karena sempat ketahuan bertukar nomor telepon dengan personel BIGBANG.

Lelah, Maydoni pindah agensi lagi. Dia masuk dalam Nega Network dan sempat debut tahun 2009 dengan album '7TEEN'.

Tapi kini, Maydoni pindah haluan ke chanel Youtube, yang ternyata membuatnya lebih eksis dibanding menjadi idol.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS