Selain Cantik, 5 Tanaman Ini Jago Membersihkan Kolam Ikan di Rumah

Vania Rossa
Selain Cantik, 5 Tanaman Ini Jago Membersihkan Kolam Ikan di Rumah
Tanaman Pembersih Kolam Ikan di Rumah. (Shutterstock)

Manfaatkan tanaman air yang cantik berikut ini sebagai pembersih kolam ikan di rumah Anda.

Suara.com - Memiliki kolam ikan di rumah merupakan kemewahan tersendiri yang tidak semua orang bisa memilikinya. Pun demikian, kolam ikan harus dibersihkan secara rutin. Perawatan rutin tersebut dilakukan agar ikan-ikan yang menjadi penghuni kolam tidak cepat mati karena ekosistem yang kotor.

Membersihkan kolam bukan hanya bisa dilakukan dengan alat-alat buatan manusia atau mesin saja. Ada tanaman-tanaman air cantik yang punya kemampuan sebagai pembersih kolam ikan alami. Dekoruma punya lima rekomendasi tanaman tersebut di bawah ini.

Teratai

Teratai, Tanaman Pembersih Kolam Ikan di Rumah. (Pixabay)
Teratai, Tanaman Pembersih Kolam Ikan di Rumah. (Pixabay)

Terkenal dengan kelopak bunganya yang cantik dan berwarna-warni, teratai punya kemampuan alami untuk membersihkan kolam ikan. Teratai atau yang dikenal juga dengan sebutan water lily bisa mengurangi populasi alga yang ada di kolam ikan. Populasi alga yang tidak terkontrol bisa membuat ikan mati, karena seperti ikan, alga juga memerlukan oksigen di dalam air.

Bila populasi alga mengalahkan populasi ikan, kebutuhan oksigen ikan di kolam bisa tidak terpenuhi dan membuat ikan mati. Selain itu, teratai juga bisa menjadi peneduh bagi ikan dan mengatur suhu kolam agar tetap dingin.

Eceng Gondok

Eceng Gondok, Tanaman Pembersih Kolam Ikan di Rumah. (Pixabay)
Eceng Gondok, Tanaman Pembersih Kolam Ikan di Rumah. (Pixabay)

Berdaun lebar dan berbunga, eceng gondok punya banyak manfaat dibandingkan apa yang terlihat di permukaan. Ikan yang mengonsumsi terlalu banyak nutrisi terancam bisa mati. Akar eceng gondok yang tertanam kuat dalam air mampu menyaring nutrisi berlebih tersebut. Selain itu, akar eceng gondok juga bisa menjadi sarang untuk ikan bernaung di dalam kolam.

Selada Air

Selada Air, Tanaman Pembersih Kolam Ikan di Rumah. (Shutterstock)
Selada Air, Tanaman Pembersih Kolam Ikan di Rumah. (Shutterstock)

Selada air punya kemampuan mengatur level nutrisi dalam air menjadi normal dengan akarnya yang panjang dan putih. Tanaman yang tumbuh subur di iklim hangat ini juga bisa menjadi regulator alami suhu air agar tidak terlalu panas. Bahkan di perairan liar, tanaman ini menjadi tempat persembunyian ikan dari predator.

Apu-apu

Apu-Apu, Tanaman Pembersih Kolam Ikan di Rumah. (Shutterstock)
Apu-Apu, Tanaman Pembersih Kolam Ikan di Rumah. (Shutterstock)

Apu-apu memiliki daun lebar dan bulu-bulu halus nan tipis berwarna putih di sekujur daun. Tanaman air ini memiliki kemampuan untuk menekan pertumbuhan lumut yang bisa mengotori kolam dan berbahaya bagi ikan bila memakan lumut terlalu banyak.

Iris Jepang

Iris Air, Tanaman Pembersih Kolam Ikan di Rumah. (Shutterstock)
Iris Air, Tanaman Pembersih Kolam Ikan di Rumah. (Shutterstock)

Tanaman air ini memiliki bunga berwarna biru, ungu, kuning, atau putih yang menjadi salah satu daya tarik utamanya. Meski cantik dan bisa menjadi penunjang estetika kolam ikan, tanaman ini punya kemampuan untuk memberantas partikel-partikel beracun di dalam kolam. Satu hal yang perlu diperhatikan, iris Jepang perlu perhatian khusus karena rentan diserang hama.

Meski membuat kolam ikan di rumah makin cantik dan bersih, tanaman-tanaman di atas bukan berarti mempunyai kekuatan untuk benar-benar membersihkan kolam ikan. Peralatan lain seperti pembersih kolam juga tetap diperlukan untuk hasil yang maksimal.

Anda juga perlu memerhatikan pertumbuhan tanaman-tanaman ini yang rata-rata tumbuh dalam taraf yang sangat cepat. Apabila tidak terkontrol, bisa berakibat buruk bagi ikan-ikan peliharaan Anda.

Artikel terkait:

5 Desain Kolam Ikan Mini ini Bisa Buat Stresmu Berkurang, Lho!
8 Keuntungan Rahasia Punya Kolam Ikan Koi di Rumah
Terungkap! Ini Trik Cara Membuat Kolam Ikan yang Nggak Sulit

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS