Pakai Produk Makeup dengan SPF, Benarkah Boleh Melewatkan Sunscreen?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Pakai Produk Makeup dengan SPF, Benarkah Boleh Melewatkan Sunscreen?
Perempuan memakai lipstik merah. (Pixabay/Karolina Grabowska)

Apakah kandungan SPF dalam produk makeup sudah cukup untuk melindungi kulit?

Suara.com - Kandungan sun protection factor (SPF) kini tidak hanya bisa ditemukan dalam sunscreen atau tabir surya. Berbagai produk makeup pun telah dilengkapi SPF sebagai upaya perlindungan kulit dari paparan sinar UV.

Melansir Hello Sehat, SPF sekarang dapat ditemukan dalam primer, foundation, bronzer, serta beragam produk makeup lainnya. Levelnya bervariasi, mulai dari SPF 15, 30, bahkan hingga 50.

Sayangnya, itu ternyata belum cukup untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Lily Talakoub, M.D., dokter spesialis kulit di McLean Dermatology and Skincare Center, mengatakan ada dua kekurangan utama dari produk makeup mengandung SPF.

Pertama, mereka hanya melindungi kulit dari sinar ultraviolet B (UVB). Sinar UVB adalah sinar yang dapat merusak lapisan kulit luar, menyebabkan kemerahan pada kulit, serta menimbulkan efek terbakar matahari.

Makeup dengan SPF biasanya tidak menangkal sinar ultraviolet A (UVA). Padahal, sinar UVA lebih berbahaya ketimbang sinar UVB karena dapat menembus kulit, merusak lapisan kolagen, bahkan meningkatkan risiko kanker kulit.

Kedua, manfaat SPF dalam makeup baru bisa dirasakan jika menggunakannya dalam jumlah banyak.

Kebanyakan orang hanya menggunakan sedikit olesan makeup pada wajahnya. Nyatanya, itu tidak cukup untuk menangkal sinar UV.

Ilustrasi makeup. (Pexels/Rawpixel)
Ilustrasi makeup. (Pexels/Rawpixel)

Menurut Talakoub, Anda harus mengoleskan makeup 15 kali lebih tebal agar SPF yang terkandung di dalamnya bisa melindungi kulit secara optimal. Nah, tentu saja Anda tidak mungkin melakukan itu, kan? Jadi, Anda jelas masih perlu mengoleskan sunscreen.

Meski begitu, bukan berarti Anda harus langsung membuang produk makeup mengandung SPF di meja rias. Masih mengutip dari Hello Sehat, berikut rutinitas makeup yang bisa diterapkan:

1. Mengoleskan sunscreen

Selalu awali hari dengan mengoleskan tabir surya pada area wajah, leher, dan telinga. American Cancer Society menyarankan penggunaan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih yang bisa menyaring 97 persen sinar UV.

Selain itu, cobalah pilih produk dengan keterangan broad spectrum yang mampu menangkal sinar UVA dan UVB sekaligus.

2. Menggunakan krim mata mengandung SPF

Jika sunscreen menimbulkan iritasi pada area mata, coba gunakan krim mata mengandung SPF 15. Fungsinya seperti sunscreen tetapi kandungannya lebih lembut bagi kulit yang sensitif seperti di sekitar mata.

3. Menggunakan foundation mengandung SPF

Makeup dengan SPF mungkin memang tidak terlalu maksimal melindungi kulit. Namun, produk-produk ini dapat mengoptimalkan fungsi sunscreen.

Pilihlah foundation mengandung SPF 15. Oleskan pada wajah secara merata sesuai kebutuhan.

Ilustrasi merias wajah, bedak, makeup wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi merias wajah, bedak, makeup wajah. (Shutterstock)

4. Menaburkan bedak

Taburkan bedak pada wajah, ratakan dengan spons. Partikel bedak tabur akan menjaga sunscreen dan foundation menjadi tidak cepat luntur. Bedak tabur juga membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV.

5. Memakai Lipstik atau lipbalm mengandung SPF

Bagian bibir tentu tidak luput dari risiko paparan sinar UV. Untungnya, beberapa produk lipstik dan lip balm kini telah dilengkapi dengan SPF.

Pilihlah produk yang mengandung SPF 15. Gunakan sebelum beraktivitas.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS