alexametrics

Penyangga Masker Laris, Diklaim Tak Bikin Sesak Napas. Perlukah Dibeli?

Vania Rossa
Penyangga Masker Laris, Diklaim Tak Bikin Sesak Napas. Perlukah Dibeli?
Ilustrasi masker. (Shutterstock)

Penyangga masker tengah laris di toko online.

Suara.com - Penyangga masker atau braket masker belakangan banyak dijual di toko online. Benda ini diklaim dapat membuat kita tetap bisa bernapas lega meski memakai masker. Bahkan, ada pula toko yang mengklaim bahwa berkat benda ini, lipstik Anda akan awet dan tak akan menempel di masker.

Ya, masker kini memang jadi perlengkapan wajib yang harus kita kenakan di tengah pandemi. Dan siapapun mengakui, memakai masker sepanjang hari tentu tak nyaman. Sesak napas, suara terhalang, hingga memicu jerawat, adalah beberapa masalah yang kerap kita rasakan.

Namun, hal ini bukannya tanpa solusi. Di berbagai toko online, kini muncul solusi untuk berbagai permasalahan masker di atas, yaitu penyangga masker. Terbuat dari silikon, penyangga masker berbentuk tiga dimensi ini dikenakan di bawah masker, sehingga menciptakan rongga antara kain masker dan kulit Anda, membuat Anda merasa lebih nyaman dan 'lega'.

Tertarik membelinya? Nanti dulu. Sebelum buru-buru memasukkannya ke keranjang belanja, ada baiknya Anda simak dulu pendapat para dokter kulit soal penyangga masker ini, seperti dilansir dari Huffpost.

Baca Juga: Niatnya Bikin Gemas, Macaulay Culkin Malah Tampak Seram Saat Pakai Masker

Penyangga masker dapat mencegah gesekan dengan kulit
Gesekan antara masker dan kulit, menurut dokter kulit Dr. Adam Mamelak, dapat menyebabkan masalah pada kulit wajah berupa peradangan dan iritasi.

Penyangga masker, braket masker. (Instagram)
Penyangga masker, braket masker. (Instagram)

“Banyak masalah kulit dan kesalahan tata rias saat ini disebabkan pemakaian masker,” kata dr. Mamelak.

"Gesekan (bersama dengan minyak, kelembapan, keringat, dan kotoran yang dapat terperangkap masker di permukaan kulit) dapat menyebabkan iritasi dan jerawat," katanya lagi.

Memakai masker masih merupakan keharusan, tetapi Mamelak menjelaskan bahwa penyangga masker dapat membantu mengurangi gesekan, karena mengurangi kontak antara masker dan kulit Anda.

Penyangga masker memudahkan Anda bernapas
Ahli kulit bersertifikat Beth Goldstein menjelaskan kepada HuffPost bahwa efek dari penyangga masker adalah mencegah masker tersedot ke dalam mulut dan hidung saat Anda bernapas.

Baca Juga: Jangan Cuma Pakai Face Shield, Tak Efektif Cegah Penularan Virus Corona!

Dokter kulit bersertifikat Adarsh Vijay Mudgil juga setuju, dan menjelaskan bahwa hal ini membuat penyangga masker cocok untuk dikenakan saat beraktivitas fisik di luar ruangan, misal saat jogging atau bersepeda, karena tidak membuat Anda sesak napas.

Komentar