alexametrics

Hidup bak Hantu Gentayangan, Wanita Ini Sudah 3 Tahun Dinyatakan Meninggal

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
Hidup bak Hantu Gentayangan, Wanita Ini Sudah 3 Tahun Dinyatakan Meninggal
Ilustrasi perempuan dinyatakan meninggal.

Selama 3 tahun, ibu ini berusaha membuktikan dirinya masih hidup dan sehat.

Suara.com - Seorang ibu 58 tahun asal Perancis ramai dibicarakan karena dirinya dinyatakan telah meninggal oleh pengadilan. Padahal, ibu bernama Jeanne Pouchain ini masih hidup sehat.

Jeanne Pouchain telah menghabiskan tiga tahun terakhir untuk membuktikan ia masih hidup kepada pengadilan. Masalah ini bermula saat Pouchain menghadapi tuntutan dari mantan karyawan.

Melansir Oddity Central, Jeanne kini kehilangan semua haknya sebagai warga negara. Namanya dihapus dari dokumen resmi, KTP dan SIM-nya tidak berlaku, demikian pula dengan akun bank dan asuransi medis.

"Aku mengunjungi pengacara yang berkata ini bisa diselesaikan dengan mudah karena aku bisa ke dokter yang membuktikan aku masih hidup," ungkap Jeanne. "Tapi menurut aturan hukum, ini tidak cukup."

Baca Juga: Nikah Tanpa Restu Ibu, Indah Permatasari Dapat Mahar Ini dari Arie Kriting

Jeanne dinyatakan meninggal pada tahun 2017. Akibat kehilangan haknya sebagai warga negara, Jeanne takut keluar rumah karena tidak mau disuruh membuktikan identitas.

Tidak hanya itu, pengadilan menyatakan Jeanne Pouchain meninggal tanpa melakukan pengecekan lebih dulu. Pernyataan legal itu keluar setelah mantan karyawan Jeanne mengajukan tuntutan.

Ilustrasi orang meninggal
Ilustrasi dinyatakan meninggal

Pada tahun 2000, Jeanne memiliki sebuah perusahaan di bidang bersih-bersih. Namun, ia harus melakukan PHK kepada karyawan dan membayar kompensasi 14.000 euro (Rp 240 juta).

Namun, kompensasi ini tidak kunjung dibayar oleh perusahaan. Karena kesal, mantan karyawan Jeanne memutuskan menuntut secara personal.

Tuntutan itu diajukan pada tahun 2016. Saat itu, mantan karyawan Jeanne mengklaim bahwa suratnya tidak pernah dijawab dan ia percaya Jeanne telah meninggal.

Baca Juga: Tak Diakui Sebagai Ibu, Emak-emak Berhijab Nekat Temui Jokowi di Istana

"Ini cerita gila. Aku tidak bisa percaya. Aku tidak pernah mengira hakim akan menetapkan seseorang meninggal tanpa sertifikat kematian. Tapi penuntut mengklaim Pouchain meninggal, tanpa bukti, dan semua percaya," jelas pengacara Jeanne.

Ibu 58 Tahun Diklaim Meninggal oleh Pengadilan (facebook.com/Forras Radio)
Ibu 58 Tahun Diklaim Meninggal oleh Pengadilan (facebook.com/Forras Radio)

Sejak dinyatakan meninggal, Jeanne menghabiskan tiga tahun untuk membuktikan ia masih hidup. Jeanne juga berulang kali mengunjungi pengadilan.

Namun, meski hakim sudah melihatnya secara langsung, status Jeanne masih tidak jelas. Secara legal, ibu 58 tahun itu dalam keadaan tidak hidup dan tidak mati.

Pengacara juga tidak bisa memastikan kapan Jeanne bisa dinyatakan "hidup kembali" oleh pengadilan dan mampu beraktivitas normal. Hingga kini, ibu tersebut masih harus berusaha menghapus klaim bahwa ia telah meninggal.

Komentar