alexametrics

Ingin Dekorasi Rumah, Ini 8 Tips dari Desainer Interior

M. Reza Sulaiman | Dian Kusumo Hapsari
Ingin Dekorasi Rumah, Ini 8 Tips dari Desainer Interior
Ilustrasi dekorasi rumah ramah lingkungan (pexels)

Dekorasi rumah penting untuk kenyamanan dalam sebuah rumah. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Suara.com - Dekorasi rumah menjadi impian bagi setiap keluarga. Pasalnya, untuk menemukan kenyamanan dalam sebuah rumah dibutuhkan tata ruang dan pemelian warna yang tepat sesuai dengan kriteria rumah impian Anda.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini,rasa bosan telah melanda sebagian orang. Dekorasi rumah menjadi hal yang sangat penting ditengah pandemi saat ini, aplagi jika dibantu desainer interior.

Endy Nahya, Desainer Interior Nippon Paint Indonesia pun membagikan beberapa tips yang harus dilakukan sebelum Anda mendekorasi rumah Anda agar tidak over budget.

Pertama adalah harus memahami tujuan mendekorasi ruangan di rumah Anda.

Baca Juga: Agar Betah di Rumah Selama Pandemi, Ini Tips Dekorasi Rumah Ala Zata Ligouw

"Ruangan apa yang Anda butuhkan. Butuh ruang kerja atau kamar anak kita harus tahu. Supaya tahu arah dan tujuannya, ruangan itu nanti akan dibentuk seperti apa," kata Endy dalam acara virtual Media & Blogger Gathering bertajuk Hobi Dekorasi Selama Pandemi, Agar #betahdirumah, yang berlangsung di Jakarta, Jumat (9/03/2021).

Kedua adalah mengapa ruangan itu menjadi penting. Ketiga adalah suasana atau nuansa apa yang ingin Anda hadirkan. Keempat adalah seberapa besar skala dan kompleksitas dekorasi rumah. Kelima adalah apakah saya butuh tenaga kontraktor atau bisa dikerjakan sendiri.

"Ini penting, kalau ruangannya mau dirombak maka harus pakai kontraktor, nah harus ada hitungannya juga. Kalau hanya mengecat ulang kan bisa dilakukan sendiri kalau ruangannya tidak terlalu besar," katanya.

Kelima adalah wawancara beberapa kontraktor dan cari tahu rekam jejak dan biayanya. Keenam tetapkan budget dan buat akun pengeluaran tersendiri. Ketujuh, tetapkan penjadwalan dan check list peralatan. Terakhir adalah sebelum mulai bersihkan, rapikan dan buang barang-barang yang tidak perlu.

Selain itu, Endy juga berbagi tips dan trik memilih warna ruangan. Ia mengatakan bahwa warna cat pada dinding tidak hanya sebagai dekorasi ruangan, tapi juga berpengaruh pada psikologis dan suasana hati penghuninya. Selain itu, keserasian warna juga penting untuk menghasilkan kombinasi yang harmonis.

Baca Juga: Vintage, Gaya Dekorasi Rumah Nan Eksentrik yang Bikin Betah

"Selain pemilihan warna cerah agar ruangan tampak lebih luas, maka pemilihan warna furniture dengan warna netral dan terang seperti putih, cream, atau abu-abu muda agar ruangan terlihat lebih rapi dan nyaman saat digunakan," ujarnya.

Komentar