alexametrics

Ingin Beli Barang Gadget Impian, Ini Tips Menabung Agar Cepat Terkumpul

Bimo Aria Fundrika
Ingin Beli Barang Gadget Impian, Ini Tips Menabung Agar Cepat Terkumpul
Ilustrasi Menabung. (freepik)

Bagi orang yang memiliki modal cukup pasti dengan mudah untuk mengganti gadget dengan keluaran. Tapi bagi yang tidak punya cukup uang tentu harus menabung.

Suara.com - Berkembangnya teknologi tidak menutup kemungkinan untuk seseorang rajin gonta-ganti ponselnya. Kini gadget bukan lagi dipandang semata-mata sebagai alat komunikasi, tapi juga pelengkap gengsi.

Beberapa orang bahkan mulai memiliki gadget lebih dari dua bukan karena fungsinya, melainkan karena ingin dilihat status sosialnya. Wajar saja jika orang mulai membeli gadget karena rasa gengsinya yang tinggi.

Bagi orang yang memiliki modal cukup pasti dengan mudah untuk mengganti gadget dengan keluaran. Tapi bagi yang tidak punya cukup uang tentu harus menabung.

Tapi engggak perlu khawatir, kamu bisa mengikuti beberapa tips nabung yang aman dan bikin kamu segera memegang gadget impian berikut ini.

Baca Juga: Sering Boros, Ini 4 Rekomendasi Metode Menabung Biar Konsisten

Alihkan Tabungan ke Rekening Lain

Ilustrasi menabung uang (Shutterstock)
Ilustrasi menabung uang (Shutterstock)

Biasanya kalau melihat saldo banyak di satu rekening lebih mudah gelap mata untuk belanja, daripada melihat saldo yang sedikit. Namun trik ini cukup bekerja untuk menahan hawa nafsu untuk nggak beli-beli barang nggak penting selama menabung. Kalau kamu biasanya gajian di satu rekening. Coba untuk buka satu rekening yang khusus untuk menabung, dan nggak perlu didaftarkan m-banking. Karena kalau menggunakan m-banking akan percuma usahanya.

Kamu bisa membagi sebagian penghasilan kamu untuk ditabung ke rekening satunya. Atau kalau kamu memiliki rekening tabungan emas. Kamu juga bisa menggunakannya. Lebih untung jika kamu menjual emas pada nilai tinggi, sehingga duit yang kamu terima bisa lebih banyak dari saldo awal yang kamu masukan.

Melakukan Pencatatan Pengeluaran

Hal yang mungkin sulit dilakukan bagi beberapa orang, namun cukup penting di lakukan untuk memantau pengeluaran bulanan. Dengan mencatat pengeluaran ini, kamu bisa menentukan berapa banyak yang harus kamu tahan duitnya untuk nggak dikeluarin dan bisa ditabung. Selain itu juga kebiasaan mencatat pengeluaran ini, akan berimbas pada kebiasaan belanja kamu. Kalau biasanya kamu belanja tiap bulan bisa berkali-kali dan barang yang dibeli nggak cukup penting.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pekerjaan Tanpa Harus Keluar Rumah

Dengan mencatat pengeluaran ini, kamu bisa meminimalisir pembelian yang nggak penting. Cocok untuk kamu yang masih kuliah ataupun yang sudah berkeluarga, karena pengeluaran keluarga tentu akan lebih banyak daripada yang masih lajang dan merdeka dari beban finansial.

Komentar