alexametrics

7 Khasiat Daun Binahong yang Luar Biasa, Cegah Diabetes hingga Menghilangkan Jerawat

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Khasiat Daun Binahong yang Luar Biasa, Cegah Diabetes hingga Menghilangkan Jerawat
Ilustrasi daun binahong. (Pexels/Richa Sharma)

Apa saja khasiat daun binahong yang mungkin masih jarang diketahui banyak orang?

Suara.com - Daun binahong barang kali masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Namun tanpa disadari, tanaman ini bisa saja merambat di sekitar rumah. Khasiat daun binahong pun cukup banyak.

Bentuk daun binahong tampal menyerupai hati dan bertangkai cukup pendek. Lalu, apa manfaat daun binahong yang mungkin masih jarang diketahui.

Simak ulasan khasiat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan, dilansir dari Ecency, Jumat (29/10/2021).

Khasiat Daun Binahong

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Darah Tinggi di Usia Muda, Jangan Malas Olahraga!

Mencegah diabetes atau kencing manis

Diabetes tipe 2 (Pixabay/stevepb)
Diabetes tipe 2 (Pixabay/stevepb)

Diabetes termasuk salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Sampai saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes secara tuntas. Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah mengontrol kadar gula darah hingga normal agar tidak menimbulkan komplikasi serius.

Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Sifat inilah yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara berlebihan. Kandungan alkaloid juga dapat mengontrol gula darah tetap stabil pada penderita diabetes melitus.

Menurunkan kolesterol tinggi

Khasiat daun binahong dengan kandungan alkali juga berguna untuk mengontrol kelebihan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol tinggi dapat memicu komplikasi serius seperti serangan jantung, obesitas, dan hipertensi. Mengonsumsi ramuan herbal daun binahong bisa jadi pilihan tepat.

Baca Juga: 5 Penyebab Perut Buncit, Ternyata Ada Kebiasaan Kecil yang Sering Diabaikan

Mengatasi sesak nafas

Menjaga sistem pernapasan sangat penting untuk dilakukan. Menurut penelitian, khasiat daun binahong mampu membersihkan saluran pernapasan, terutama paru-paru dari lendir penyebab sesak napas. Kandungan antibakterial daun binahong juga efektif membunuh bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Mengatasi anemia (darah rendah)

Tanaman binahong juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif obat anemia atau darah rendah. Anemia disebabkan tubuh kita kekurangan zat besi sehingga membuat sel darah merah sulit.

Mengobati batuk

Khasiat juga bisa didapat dari air rebusan daun binahong yang dikonsumsi sebagai obat batuk. Senyawa antibakterialnya akan membantu membunuh kuman atau bakteri penyebab batuk. Batuk berdahak, baik itu batuk kering maupun batuk berdahak pun bisa diatasi.

Menghilangkan komedo, jerawat, dan bekasnya

Manfaat daun binahong lainnya juga berkaitan dengan kecantikan wajah. Khasiat daun binahong disebut jadi solusi masalah seputar wajah seperti jerawat, komedo, atau flek hitam segera gunakan daunnya sebagai masker wajah.

Tingginya kandungan kolagen pada daun binahong uga dapat membantu mencerahkan wajah. Caranya mudah, lho. Haluskan daun binahong muda, kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah setelah mandi selama 30 menit.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Haluskan daun binahong, lalu tempelkan pada luka. Kandungan antiseptik bakal membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan anti inflamasinya pun akan turut meredakan kemerahan pada memar atau bahkan bengkak.

Itulah beberapa khasiat daun binahong yang menakjubkan untuk berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar