alexametrics

Ciptakan Dapur Minimalis, Memasak Kini Bisa Dilakukan Hanya dengan 1 Jari

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Ciptakan Dapur Minimalis, Memasak Kini Bisa Dilakukan Hanya dengan 1 Jari
Ilustrasi memasak. (Pixabay/Republica)

Di tengah geliat gaya hidup minimalis saat ini, memasak pun sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus memiliki banyak alat di dapur. Bagaimana caranya?

Suara.com - Memasak termasuk kegiatan yang memerlukan bahan dan peralatan. Masing-masing masakan bahkan bisa menggunakan wajan atau panci yang berbeda tergantung dari cara memasaknya.

Di tengah geliat gaya hidup minimalis saat ini, memasak pun sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus memiliki banyak alat di dapur. Produsen alat memasak asal Jerman, Thermorix, menawarkan cara memasak yang cepat hanya dengan satu jari.

Bentuknya yang menyerupai blender, namun dibalut dengan teknologi terkini, Thermorix menjanjikan cara memasak cepat, tapi terjamin kematangannya juga sehat.

"Tinggal atur waktu, suhu, lalu atur kecepatan. Sesudah diatur, lalu memulai masak dengan tombol. Yang sangat paling kita cintai, mesin ini punya keunggulan tanpa gesekan. Kalau pakai blender biasa, dipakai panas. Tapi mesin ini engga, jadinya lebih tahan lama," kata Direktur Thermomix Indonesia Ita Limowa ditemui di kantor Thermorix di Cengkareng, Tangerang, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: Dapur Umum Kampung Tulung, Rumah Bersejarah yang Terancam Hilang

Thermorix hadirkan alat memasak tanpa ribet. (Dok. Lilis/Suara.com)
Thermorix hadirkan alat memasak tanpa ribet. (Dok. Lilis/Suara.com)

Mesin tersebut bisa digunakan sebagai blender untuk menghaluskan bumbu hingga menhancurkan gula batu. Ita menambahkan, mata pisau pada wadah blender bisa memutar dalam dua arah berbeda sesuai pengaturan.

Jika diatur untuk berputar ke arah kanan atau searah jarum jam, maka fungsinya bisa untuk memotong daging maupun menghaluskan bumbu, hingga mengupas kentang dan bawang. Sedangkan jika diatur ke arah kiri, mata pisau berfungai untuk mengaduk adonan, seperti saat membuat kue bahkan es krim. Seluruhnya bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik.

"Jadinya mesin ini bisa ditinggal dan ia akan masak sendiri. Mesin ini juga timbangan, blender, juga pencincang. Jadi kalau cincang daging gak usah pakai talenan, bisa juga buat adonan. Buat fermentasi bisa sampai 12 jam. Ini yang namanya all in one chicken jadi semua alat dapur dijadikan satu," ucapnya.

Namun, satu kekurangan dari mesin tersebut, Ina mengungkapkan bahwa Thermorix tidak bisa digunakan untuk memasak makanan yang perlu digoreng dengan banyak minyak. Penggunaan minyak hanya dipakai sekadar untuk tumis ataupun tambahan pada masakan tertentu.

"Karena Thermorix mempromosikan hidup sehat. Kalau pakai minyak sedikit bisa," katanya.

Baca Juga: Tutorial Masak Cemilan Harga Rp 1000 Ala Bocil Panen Komentar Warganet

Memasak dengan Thermorix juga diklaim lebih sehat. Karena suhu maksimal pada mesin diatur hanya sampai 120 derajat. Sehingga tidak membuat makanan jadi terlalu matang yang justru menghilangkan nutrisinya, jelas Ina. Selain itu, rata-rata waktu memasak juga tidak terlalu lama.

Komentar