alexametrics

Ini Tanda-Tanda Penuaan yang Paling Sering Dikeluhkan Perempuan

Vania Rossa | Lilis Varwati
Ini Tanda-Tanda Penuaan yang Paling Sering Dikeluhkan Perempuan
Ilustrasi tanda penuaan. (Shutterstock)

Tanda penuaan akan semakin agresif terjadi saat seseorang telah melewati usia 25 tahun.

Suara.com - Penuaan wajah mungkin menjadi salah satu yang paling dikhawatirkan kebanyakan perempuan. Meski, hal tersebut sebenarnya terjadi secara alami seiring bertambahnya usia.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Stanley Setiawan, Sp. KK., mengatakan ada beberapa tanda penunaan yang cukup sering dikeluhkan perempuan saat lakukan perawatan ke klinik kecantikan.

"Keluhan aging yang banyak dikeluhkan, kalau dari gender, memang paling banyak wanita. Keluhannya seperti timbul flek di area wajah akibat pajanan sinar matahari dan proses aging. Kemudian timbulnya kerutan yang membuat orang kurang percaya diri," kata dokter Stanley dalam webinar Regenesis, Kamis (18/11/2021).

Selain itu juga masalah kulit wajah yang mulai mengendur. Menurut dokter Stanley, berbagai keluhan tanda penuaan itu berakibat penampilan seseorang jadi tampak lelah, capek, dan kurang bahagia. Sehingga menyebabkan kurang rasa oercaya diri.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Pepaya yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Melancarkan Pencernaan

"Padahal belum tentu itu yang dirasakan. Tapi ekspresi tanda penuaan bisa berikan impresi yang berbeda," ujarnya.

Ia menambahkan, tanda penuaan akan semakin agresif terjadi saat seseorang telah melewati usia 25 tahun. Kondisi itu normal terjadi karena produksi kolagen mulai berkurang.

Dokter Stanley menjelaskan, kolagen merupakan jenis protein yang salah satu fungsinya mempertahankan kekencangan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang 1-1,5 persen.

"Kolagen yang menurun akan tercermin dari penampilan, terbentuknya kerutan, kemudian terjadinya lekukan, terjadinya kendur di area wajah, dan itu memberikan penampilan yang tampak menua pada seseorang," pungkasnya.

Baca Juga: Catat! 4 Faktor yang Bisa Menyebabkan Kulit Wajah Alami Penuaan Dini

Komentar