alexametrics

Selain Bubur Memek, Ini 5 Makanan Khas Aceh yang Memiliki Cita Rasa dan Nama Unik

Chyntia Sami Bhayangkara
Selain Bubur Memek, Ini 5 Makanan Khas Aceh yang Memiliki Cita Rasa dan Nama Unik
Kuah Beulangong, Makanan Khas Maulid Nabi. (Instagram/@fitrianisamidan)

Simak makanan khas Aceh yang bercita rasa tinggi dengan nama unik berikut.

Suara.com - Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan budaya. Tak ketinggalan makanan khas Aceh juga memiliki cita rasa dan nama unik.

Saat berlibur di Aceh, jangan lupa sempatkan untuk mencicipi berbagai makanan khas Aceh yang lezat berikut ini.

1. Kuah Tuhe

Makanan khas Aceh yang pertama adalag Kuah Tuhe alias peungat. Makanan ini sangat terkenal di Aceh sebagai salah satu makanan legendaris. Kuah Tuhe ini merupakan santan yang dicampur dengan daun pandan, gula dan pisang. Biasanya Kuah Tuhe disiram di atas kue apam (serabi) yang menambah cita rasa manis. Makanan khas Aceh ini cocok disajikan kapan saja.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Banget Dicoba!

2. Kuah Beulangong

Berikutnya makanan khas Aceh yang serupa dengan gulai ini berisi potongan daging kambing atau sapi dan batang pisang. Perpaduan kuah merah dengan bumbu khas Aceh yang kaya, menghasilkan cita rasa gurih dan juara! Dahulunya, Raja atau Sultan di Aceh sering mengadakan kenduri Kuah Beulangong dengan menyertakan rakyat sebagai upaya mempersatukan.

3. Asam Kareng

Makanan khas Aceh satu ini terbuat dari teri kasar (kareng) dan bumbu sunti. Asam Kareng identik dengan rasa asam dan pedas seperti makanan khas Aceh lainnya. Asam Kareng di ulek dengan sayuran segar belimbing wuluh, bawang merah, cabai rawit, sereh dan potongan daun jeruk. Rasa pedas, asam, dan segar menyatu menjadi satu!

4. Bubur Memek

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Khas Semarang yang Tak Boleh Dilewatkan

Makanan khas Aceh yang unik ini dikenal dengan nama memek (dibaca /mêmêk/) yang merupakan kudapan asli dari Pulau Simeulue di Aceh. Makanan ini bentuknya seperti bubur dan terbuat dari bahan dasar beras ketan dan pisang. Memiliki cita rasa manis dan lembut membuat bubur khas Aceh ini banyak disukai Perlu diketahui, memek telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Komentar