facebook

4 Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina, Amati Warna Bulu hingga Perilakunya

Rima Sekarani Imamun Nissa
4 Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina, Amati Warna Bulu hingga Perilakunya
Ilustrasi kucing dengan mata beda warna (Pixabay/baran65)

Berikut beberapa hal yang bisa diperhatikan sebagai cara membedakan kucing jantan dan betina.

Suara.com - Secara sekilas, mungkin tidak akan terlihat adanya perbedaan kucing jantan dan kucing betina. Padahal, mengetahui jenis kelamin kucing merupakan hal yang penting supaya Anda dapat lebih memahami mereka. Pertanyaannya, bagaimana cara membedakan kucing jantan dan betina secara detail?

Dilansir dari laman Hills Pet dan The Spruce Pets, berikut 4 perbedaan kucing jantan dan kucing betina yang penting untuk diketahui.

Sistem Sterilisasi

Salah satu perbedaan paling jelas antara kucing jantan dan betina adalah cara sterilisasinya. Pejantan akan dikebiri dengan diangkat testisnya sementara betina disterilisasi dengan diangkat rahimnya.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan Hamster, Bukan Cuma Biji Bunga Matahari

Ilustrasi kucing yang membutuhkan litter box (Envato Elements)
Ilustrasi kucing yang membutuhkan litter box (Envato Elements)

Sterilisasi direkomendasikan sebelum kucing berusia 5 bulan untuk mencegah beberapa perilaku kurang mengenakkan seperti membuang kotoran sembarangan, menggaruk perabotan, dan berperilaku agresif.

Warna bulu

Dilansir dari The Spruce Pets, kebanyakan kucing berwarna calico triwarna atau oranye hitam berjenis kelamin betina, sedangkan kucing berbulu oranye putih dan berukuran besar merupakan kucing jantan.

Bentuk alat kelamin

Pada kucing betina, area genital ada tepat di bawah ekor, bentuknya seperti tanda seru terbalik bercelah panjang. Area vagina ini berada tepat di bawah anus dengan jarak hanya setengah inci.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Pasangan yang Memiliki Peliharaan Lebih Bahagia

Sementara itu, jarak antara penis dan anus pada kucing jantan sedikit lebih jauh dengan posisi testis di tengah. Kedua celah ini bisa dibilang tampak seperti titik, lingkaran, atau titik dua dibanding garis.

Perilaku

Kucing betina yang belum dikebiri umumnya menunjukkan tanda-tanda birahi setiap dua pekan. Pada periode itu, mereka akan terlihat sangat aktif sebagai usaha mencari pasangan. Jika belum steril, suara kucing betina biasanya juga lebih kencang.

Hampir serupa betina, kucing jantan yang belum steril juga cenderung lebih agresif dan aktif. Mereka akan menjadi hewan yang menjaga daerah teritorialnya dengan meninggalkan bekas urin.

Kucing Jantan dan Betina, Manakah yang Lebih Baik?

Sebagaimana perbedaan kucing betina dan kucing jantan yang disebutkan di atas. Meski ada perbedaan perilaku baik sebelum maupun setelah dikebiri, keduanya sama-sama bagus untuk dipelihara.

Satu hal yang terpenting sebelum memutuskan untuk memilih kucing yang dipelihara adalah mengetahui perilaku mereka. Selain itu, usahakan untuk sterilisasi kucing pada waktunya. Upaya ini salah satunya berguna untuk mencegah kelebihan populasi pada kucing.

Luangkan waktu setiap harinya untuk bermain dengan kucing peliharaan agar dapat lebih memahami perilaku mereka. Ketika Anda sudah memiliki hewan peliharaan, apapun itu, pastikan Anda telah berkomitmen untuk menjaga dan merawatnya sebagaimana mestinya.

Itulah beberapa informasi mengenai cara membedakan kucing jantan dan betina. Semoga bisa bermanfaat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar