Menko Polhukam: Tolikara Sudah Kondusif dan Terkendali

Arsito Hidayatullah | Bagus Santosa
Menko Polhukam: Tolikara Sudah Kondusif dan Terkendali
Mensos Kunjungi Tolikara

Mendagri sudah minta supaya masjid atau musala yang terbakar di sana segera dibangun kembali.

Suara.com - Situasi Tolikara, pascainsiden beberapa waktu lalu, disebut kini sudah mulai kondusif. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Tedjo Edhy Purdjiatno mengatakan, situasi di lokasi saat ini sudah damai dan terkendali.

"Suasana sudah kondusif. Aparat keamanan tetap berjaga di sana. Sudah ada kesepakatan untuk menjaga kedamaian di Tanah Papua, dan itu sudah dilakukan semua. Sampai sekarang sudah terkendali semua," ungkap Tedjo, usai menghadiri acara di Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Tedjo menambahkan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo juga sudah meminta supaya masjid atau musala yang terbakar di sana agar segera dibangun kembali. Selain itu, satu batalyon prajurit TNI juga sudah disiagakan untuk membantu membersihkan puing dan melakukan karya bakti di sana.

Dia juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini akan melakukan beberapa pendekatan dengan tokoh agama di beberapa lokasi. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman, supaya dampak insiden Tolikara tidak meluas.

Di samping itu, Tedjo juga mengaku sudah menginformasikan kepada Mendagri, Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, serta Kepala BIN Sutiyoso, supaya memberikan perhatian untuk menjaga rumah ibadah.

"Sudah saya informasikan kepada Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama, dan Panglima, Kapolri dan Kepala BIN, untuk mengantisipasi semua daerah di Indonesia, untuk menjaga tempat ibadah. Kemudian pusat-pusat kegiatan masyarakat dan objek-objek vital dijaga, untuk antisipasi. Kita tidak melihat (Tolikara) ini menjadi besar, tetapi ini adalah langkah antisipasi," paparnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS