Cina Luncurkan Kapal Induk Bikinan Lokal Pertamanya

Liberty Jemadu
Cina Luncurkan Kapal Induk Bikinan Lokal Pertamanya
Kapal induk terbaru Cina yang diluncurkan pada Rabu (26/4) di Dalian (AFP).

Akan menjadi sarang jet-jet tempur J-15, yang juga dirancang serta diproduksi oleh Cina.

Suara.com - Militer Cina, pada Rabu (26/4/2017), memperkenalkan kapal induk keduanya dan sekaligus yang pertama yang diproduksi di dalam negeri dalam sebuah upacara yang digelar di kota pelabuhan Dalian.

Rencananya kapal yang belum diberi nama ini akan menjalani dua tahun uji coba, dipasangi persenjataan secara lengkap, sebelum beroperasi penuh pada 2020.

"Kami ingin menjaga kedaulatan, kepentingan negara, dan perdamaian dunia dengan membangun kekuatan militer, termasuk kekuatan maritim," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina dalam sebuah konferensi pers, Selasa (25/4/2017).

Dalam dua dekade terakhir, Cina memang giat mengembangkan dan memodernisasi angkatan lautnya. Tujuannya, demikian para analis, untuk meningkatkan superioritasnya di antara negara-negara Asia dan untuk menandingi dominasi Amerika Serikat di perairan Asia.


Kapal induk itu juga menambah daya gertak Cina yang sedang terlibat dalam sengketa wilayah perairan di Laut Cina Selatan dengan sejumlah negara Asia Tenggara dan di Laut Cina Timur dengan Jepang dan Taiwan.

Berbeda dengan kapal-kapal induk Amerika Serikat yang menggunakan tenaga nuklir, pemerintah Cina mengatakan bahwa kapal induknya menggunakan mesin konvensional.

Diperkirakan kapal induk itu akan menjadi sarang jet-jet tempur J-15, yang juga dirancang serta diproduksi oleh Cina.

Sebelumnya Cina telah memiliki kapal induk yang benama Liaoning. Kapal itu merupakan kapal bekas Uni Soviet yang dimodifikasi kembali.

Di Asia sendiri saat ini diketahui hanya Cina dan India yang memiliki kapal induk. Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Rusia juga memiliki dan mengoperasikan kapal induk. (AFP/WSJ)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS