Ramadan Tiba, Pemprov DKI Umumkan Lepas Saham di Perusahaan Bir

Arsito Hidayatullah | Ria Rizki Nirmala Sari
Ramadan Tiba, Pemprov DKI Umumkan Lepas Saham di Perusahaan Bir
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Sandiaga Uno saat memberikan keterangan pers di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (16/5/2018). [Suara.com/Ria Rizki Nirmala Sari]

Pemprov DKI disebut akan memperoleh sekitar Rp 1 triliun dari pelepasan saham tersebut.

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melepas 26,25% saham di PT Delta Jakarta Tbk. Pemprov DKI disebut akan memperoleh sekitar Rp 1 triliun dari pelepasan saham tersebut.

Anies mengatakan, yang jelas dana tersebut akan menambah sumber pendapatan Pemprov DKI.

"Rata-rata dividen yang didapatkan Pemprov itu sekitar Rp 38 miliar per tahun. Nah, kita berharap, yakin bahwa dengan penjualan 26,25 (persen) ini kita akan mendapatkan tambahan pemasukan lebih dari Rp 1 triliun," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Lebih lanjut, Anies menambahkan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat DKI Jakarta.

"Banyak yang bisa kita lakukan. Prioritas kita menciptakan lapangan pekerjaan, fasilitas pendidikan, kemudian juga program-program terkait dengan kesehatan," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, pelepasan saham tersebut baru terjadi kali ini setelah puluhan tahun Pemprov DKI menaruh saham di PT Delta Jakarta Tbk.

"Kita mengakhiri lebih dari 45 tahun kepemilikan Pemprov DKI di PT Delta," katanya.

Sandi menjelaskan, PT Delta Jakarta Tbk sendiri sebelumnya sempat mengajukan ekspansi, tetapi Pemprov DKI tidak bisa memenuhi permintaan tersebut.

"Diskusi kita dengan mitra kita yang selama ini, menyatakan bahwa mereka ingin ekspansi. Tapi posisi Pemprov tidak bisa menambah investasinya di Delta Jakarta," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Sandiaga, Pemprov DKI justru mengambil langkah untuk menjual saham tersebut kepada pihak lain, agar PT Delta Jakarta Tbk bisa melakukan ekspansi.

"Karena mereka ingin berkembang, mereka tentunya harus juga mendapatkan opsi untuk bisa menambah modal, dan ini bisa difasilitasi dengan keputusan kita untuk melepaskan saham ini," ucap Sandi.

Sandi memastikan, proses pelepasan saham ini berjalan secara transparan dan tetap di dalam koridor hukum.

"Kita akan membuat dan memastikan proses ini transparan dan sangat kredibel, dan kita akan menunjuk tentunya pihak-pihak yang kredibel, transparan, untuk memastikan kita mendapatkan valuasi terbaik," pungkasnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS