Belasan Rumah di Palembang Ludes Dilalap Api

Bangun Santoso
Belasan Rumah di Palembang Ludes Dilalap Api
Belasan rumah di Palembang hanguskan terbakar. (Suara.com/Andhiko Tungga Alam)

Total ada 13 rumah di kawasan padat penduduk ludes terbakar

Suara.com - Setidaknya 13 rumah hangus dilalap api di kawasan pemukiman padat penduduk yang berada di Jalan KH Wahid Hasyim, Lorong Terusan I, RT 42/8, Kelurahan 15 Ulu, Kecamatan SU I Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Peristiwa kebakaran ini terjadi pada Minggu (12/8/2018), sekitar pukul 14.12 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran pertama kali diketahui oleh Ketua RT 42, Aminuddin (55) dan seorang warga bernama Eki Andika (30). Api diketahui berasal dari rumah milik seorang warga bernama Jambak.

Angin yang berhembus kencang menyebabkan kobaran api menjalar dengan cepat ke rumah di sekitarnya. Apalagi, sebagian besar rumah di kawasan padat penduduk itu berbahan kayu.

Melihat kondisi itu, Aminudin memanggil warga sekitar. Warga yang melihat ada kobaran api langsung berhamburan keluar rumah membantu memadamkan api menggunakan alat seadanya. Sebagian lainnya menghubungi kepolisian dan pemadam kebakaran.

Sekitar 20 menit kemudian, delapan unit mobil pemadam kebakaran pun tiba di lokasi kebakaran. Namun sempitnya akses jalan menuju lokasi kebakaran mempersulit petugas untuk memadamkan api. Baru dua jam berselang, yakni pukul sekitar pukul 16.10 WIB, api berhasil dijinakkan oleh petugas.

"Kejadian cepat sekali, saya melihat api bercampur asap tebal sudah membesar di atas rumah Jambak. Lalu saat saya teriak kebakaran dan memanggil warga setempat," ungkap Aminuddin.

Sementara itu, Kapolsek SU I, Kompol Mayestika mengaku telah mengumpulkan sejumlah informasi terkait kebakaran tersebut.

"Terhitung ada 13 rumah yang terdampak dalam kebakaran tersebut. Sumber api diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik," kata Mayestika.

Pihaknya belum bisa memastikan total kerugian yang dialami para korban karena masih dalam proses pendataan.

Kontributor : Andhiko Tungga Alam

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS