Bersarung Hijau, Sandiaga Terekam Langkahi Makam Pendiri NU

Agung Sandy Lesmana | Ria Rizki Nirmala Sari
Bersarung Hijau, Sandiaga Terekam Langkahi Makam Pendiri NU
Sandiaga saat menjelaskan bagi-bagi buku yang dilakukan Prabowo bukanlah politik uang. (Suara.com/Ria Rizki)

Setelah aksinya menginjak makam, muncul lagi video di mana Sandiaga terlihat melangkahi makam tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri.

Suara.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno kembali membuat heboh pengguna media sosial. Setelah aksinya menginjak makam, kini Sandiaga terlihat melangkahi makam tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri di Kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

Kejadian itu terekam dalam sebuah video berdurasi 14 detik dan tersebar di jagat medsos. Dalam video itu, Sandiaga terlihat tengah menabur bunga untuk makam KH Bisri Syansuri. Namun, seusai itu Sandiaga yang mengenakan sarung berwarna hijau terlihat melangkahi makam KH Bisri Syansuri karena ingin menaburkan bunga ke makam yang lain.

Di belakang Sandiaga pun terlihat ada Calon Presiden Prabowo Subianto yang juga terlihat sedang menabur bunga untuk makam KH. Bisri Syansuri. Namun dirinya tak mengikuti langkah Sandiaga dengan melangkahi makam. Prabowo lebih memilih untuk mengambil jalan lain untuk melanjutkan menaburkan bunga untuk makam yang lain.

Video ini pun menjadi perhatian banyak pengguna media sosial. Salah satunya dari Pengasuh Pondok Pesantren Asy-Syahadah di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Candra Malik. Candra mempertanyakan pengetahuan Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno tata cara berziarah. Pasalnya, Candra mendapati Sandiaga melangkahi salah satu makam tokoh Islam.

Pertanyaan Candra dilontarkan usai melihat video Sandiaga yang tengah berziarah di Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Berusaha meyakini, Canda pun menanyakan langsung hal tersebut ke akun Twitter Sandiaga @sandiuno.

"Benarkah Anda, Saudara @sandiuno telah melangkahi Maqbarah Kiai Bisri Syansuri di Denanyar, Jombang ketika berziarah?," kata Candra dalam akun Twitternya @CandraMalik pada Jumat (9/11/2018).

Tak berhenti sampai di situ, Candra pun menjelaskan bahwa yang dilangkahi makamnya oleh Sandiga ialah salah satu tokoh Islam yang menjadi bagian dalam mendirikan Nahdlatul Ulama.

"Mendiang adalah salah satu tokoh Islam yang ikut mendirikan Nahdlatul Oelama bersama Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari," pungkasnya.

Untuk diketahui, KH Bisri Syansuri merupakan salah satu pendiri NU. Pendiri Ponpes Denanyar, Jombang ini merupakan mantan Rais Am Syuriah PBNU. Kiai Bisri Syansuri juga adalah kakek Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dari pihak ibu.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS