alexametrics

Diguncang Gempa 6 SR, Pengunjung Plaza di Kota Padang Ini Berhamburan

Arsito Hidayatullah
Diguncang Gempa 6 SR, Pengunjung Plaza di Kota Padang Ini Berhamburan
Peta petunjuk gempa bumi di kawasan pesisir Kota Padang, Sumatera Barat. [BMKG.go.id]

Sabtu sore ini BMKG mencatat kawasan Padang dan sekitarnya setidaknya tiga kali digoyang gempa cukup kuat.

Suara.com - Beberapa kali goyangan gempa bumi, termasuk salah satunya yang berkekuatan 6 SR, Sabtu (2/2/2019) sore, membuat warga Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), berlarian keluar tempat masing-masing. Tak terkecuali mereka yang tengah berbelanja di Plaza Andalas, salah satu pusat perbelanjaan di Kota Padang, yang juga berhamburan hingga ke jalan.

"Lumayan kencang. Saya bahkan ingin melompati setiap tangga eskalator. Tapi mau gimana lagi, semua sudah berdesakan," ungkap Fadil (27 tahun), salah seorang warga yang berada di Plaza Andalas, seperti dikutip Minangkabaunews.com --jaringan Suara.com, Sabtu (2/2).

Sementara menurut Iwan, warga lainnya, saat gempa terjadi ia juga tengah berada di lantai tiga pusat perbelanjaan itu.

"Saya sedang lihat-lihat sepatu. Tiba-tiba ruangan Plaza ini berayun. Saat itu, orang-orang ribut dan teriak gempa. Saya pun memutuskan untuk lari. Alhamdulillah, aman," kisah warga asal Kuranji tersebut.

Baca Juga: Gunung Sindur Jadi Hotel Prodeo Bagi Buni Yani, Ini Alasannya

Diketahui, sebagaimana sebelumnya juga diberitakan Suara.com, BMKG sore ini mencatat dan merilis setidaknya tiga aktivitas gempa besar di kawasan Sumbar. Ketiga gempa yang disebut tak berpotensi tsunami itu tercatat berpusat di tenggara Kepulauan Mentawai.

Gempa pertama dilaporkan terjadi pada pukul 16.27 WIB, dengan magnitude 6, berpusat di laut berjarak 117 km tenggara Kepulauan Mentawai. Pusat gempa disebut berada di kedalaman 17 km, yang dirasakan mulai dari wilayah Padang, Pariaman, Painan, Padang Panjang, hingga Solok, selain di Kepulauan Mentawai sendiri.

Sedangkan gempa kedua pada sore ini yang dilaporkan menyusul terjadi sekitar 31 menit kemudian, juga disebut berpusat di kawasan tenggara Kepulauan Mentawai.

"#Gempa Mag:5.2, 02-Feb-19 16:58:12 WIB, Lok:2.88 LS,99.96 BT (105 km Tenggara KEP-MENTAWAI-SUMBAR), Kedalaman:24 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG," tulis pihak BMKG melalui akun Twitter @infoBMKG.

Terbaru adalah data adanya gempa lagi pada pukul 17.59, juga dengan magnitude 6, yang berpusat di 121 km arah tenggara Kepulauan Mentawai.

Baca Juga: Gempa di Padang dan Sekitarnya, BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca Sumbar

"#Gempa Mag:6.0, 02-Feb-19 17:59:28 WIB, Lok:3.06 LS,99.88 BT (121 km Tenggara KEP-MENTAWAI-SUMBAR), Kedalaman:18 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG," cuit akun Twitter BMKG pula.

Komentar