Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Heboh Surat Suara Pemilu Diangkut Truk Beraksara China, Serius?

Bangun Santoso
CEK FAKTA: Heboh Surat Suara Pemilu Diangkut Truk Beraksara China, Serius?
Truk dengan aksara asing dan Andi Arief. [Twitter/Dokumentasi pribadi]

Foto-foto truk kontainer itu diunggah di Twitter oleh mantan Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief

Suara.com - Mendekati hari pemilihan umum atau Pemilu 2019 pada 17 April nanti, jagat media sosial kerap dihebohkan dengan berbagai unggahan yang memantik kehebohan warganet. Salah satunya adalah foto yang diunggah mantan Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief di akun Twitternya.

Pada Minggu (10/3/2019) Andi Arief lewat akun @AndiArief__ mengunggah sebuah foto yang menunjukkan badan truk kontainer bertuliskan aksara asing dan menangkut logistik KPU.

Foto tersebut lantas viral dan disebut-sebut membawa surat suara untuk Pemilu dan Pilpres 2019. Hingga Selasa (12/3/2019) siang pukul 12.00 WIB, unggahan di Twitter Andi Arief itu sudah diretweet 1.106 kali saat tangkapan layar diambil.

"Ini sudah dilaporkan ke KPU melalui seorang wartawan. KPU meminta membantu mencari data tentang ini, kapan dan dimana. Tugas KPU dan kita semua mencari kebenaran," tulis Andi Arief sebagai keterangan foto.

Postingan yang sama juga diunggah di akun Facebook bernama Zandra Sjultje Rumbay. Dalam unggahannya, ia menuliskan narasi:

"MAKSUDNYA APA INI YAAA....
DOKUMEN NEGARA YANG NGANGKUT KONTAINERNYA BERTULISKAN HURUF CHINA.
PT KERETA APINYA JUGA SUDAH BERUBAH.
JADI PT KERETA API INDONESIA CHINA.
INI PARAAAAHHHH SEKALI.
KAYAKNYA BAKAL TERJADI REVOLUSI JIHAD KALAU SEPERTI INI.,"

Cek Fakta logistik pemilu. (Facebook)
Cek Fakta logistik pemilu. (Facebook)

Tak sedikit warganet yang lantas berspekulasi bahwa kontainer itu berasal dari China. Mereka mengira aksara pada kontainer itu adalah huruf China. Namun ada sebagian warganet lainnya menyanggah, mengatakan huruf pada kontainer tersebut adalah aksara Kanji, Jepang.

Penjelasan:

Berdasarkan pemberitaan Suara.com dengan artikel berjudul 'Andi Arief Sebar Foto Surat Suara Dibawa Truk Beraksara Asing, Ini Faktanya', anggota KPU Ilham Saputra menegaskan, foto yang diunggah Andi Arief tersebut adalah logistik surat suara di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

”Itu huruf Kanji. Truknya punya perusahaan yang menang pelelangan, PT Temprina Media Grafika. Tak ada surat suara dari China,” ujar Ilham.

Sementara, foto perempuan berhijab yang terdapat dalam foto yang diunggah tersebut adalah Ketua KPU Kulon Progo, Ibah Mutiah.

Untuk diketahui, dalam bodi truk kontainer tersebut terdapat tulisan Kanji Jepang "Go chui kudasai," yang dalam bahasa Indonesia berarti "harap hati-hati".

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS