Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Kondom Bergambar Jokowi - Ma'ruf Amin buat LGBT, Ini Aslinya

Reza Gunadha
CEK FAKTA: Kondom Bergambar Jokowi - Ma'ruf Amin buat LGBT, Ini Aslinya
[Turnbackhoax]

"Tujuannya bagi-bagi kondom dg logo capres ini apa? Dan ini dibagikan ke siapa? Kalangan LGBT kah?" tulisnya

Suara.com - Pengguna aplikasi obrolan WhatsApp dan warganet di media-media sosial, digegerkan oleh foto yang memperlihatkan alat kontrasepsi kondom berbungkus gambar Capres dan Cawapres nomor urut 1 Jokowi – Maruf Amin.

Bahkan, kekinian, kondom tersebut disebut-sebut bakal dibagikan untuk kaum lesbian, gay, biseksual, transseksual alias LGBT.

Klaim yang diperiksa

Akun Facebook bernama Angga Wibisono mengunggah foto kondom bergambar Jokowi - maruf, yang belakangan diketahui hasil rekayasa.

Dalam unggahannya, Angga Wibisono menuliskan narasi:

Nah iniloh yg tak maksud kapan hari. Tujuannya bagi-bagi kondom dg logo capres ini apa? Dan ini dibagikan ke siapa? Kalangan LGBT kah? Atau bebas umum? Amat sangat merusak anak bangsa!!!

[Facebook]
[Facebook]

Fakta

Foto kondom tersebut adalah hasil rekayasa. Tak ada kondom yang kemasannya bergambar Jokowi - Maruf Amin di pasaran.

Potret kondom itu pula sudah dibantah oleh Tim Kampanye Nasional Jokowi - Maruf Amin. Bantahan tersebut sila baca di sini

Foto itu sendiri merupakan hasil suntingan terhadap foto laman daring Khadgadarai.com dalam artikel berjudul "Condoms provided for the players to fight against Zika Virus!"

[Khadgadarai]
[Khadgadarai]

Kesimpulan

Akun tersebut menyebar ulang foto kondom yang telah terbukti hoaks untuk memberikan konteks baru yang juga salah.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS