Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Presiden Turki Erdogan Pose Dua Jari Dukung Prabowo - Sandiaga

Reza Gunadha
CEK FAKTA: Presiden Turki Erdogan Pose Dua Jari Dukung Prabowo - Sandiaga
[Facebook]

Tak hanya itu, sebagai keterangan foto, Revy Sukma menuliskan: Prabowo Sandi Dinanti Dunia!

Suara.com - Warganet kembali dihebohkan oleh foto yang menunjukkan tokoh dunia membuat simbolisasi tanda mendukung salah satu pasangan calon presiden serta calon wakil presiden peserta Pilpres 2019.

Kali ini, foto tokoh dunia yang beredar adalah Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan. Ia disebut membuat simbolisasi tanda mendukung Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Klaim yang diperiksa:

Akun Facebook bernama Revy Sukma, mengunggah foto Erdogan tengah berpose mengacungkan jempol dan jari telunjuknya. Pos dua jari itu kekinian diidentikkan sebagai simbol Prabowo – Sandiaga.

Tak hanya itu, sebagai keterangan foto, Revy Sukma menuliskan: Prabowo Sandi Dinanti Dunia!

Hingga artikel ini diunggah, Selasa (2/4/2019), foto dan tulisan yang disertai tandatangan Erdogan tersebut sudah 9.400 kali disebar ulang oleh warganet.

[Facebook]
[Facebook]

Fakta:

Memakai teknik pencarian di mesin peramban Google berdasarkan gambar, Suara.com mendapatkan sejumlah foto serupa, tapi tak ada yang menampilkan wajah Presiden Erdogan.

Salah satu foto hasil pencarian terkait gaya potret tersebut adalah milik akun Instagram @teukuriefky.

Namun, pada foto di akun tersebut, orang yang duduk di kursi pesawat serta mengacungkan jempol dan telunjuk itu adalah Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno. Pada foto itu, Sandiaga tampak duduk di samping seoang lelaki.

“Bismillah, menuju Banda Aceh (Sabtu, 2 Feb’19),” tulis akun @teukuriefky sebagai keterangan foto.

Foto Sandiaga tersebut sama seperti potret Erdogan yang diklaim mengacungkan simbol dua jari Prabowo – Sandiaga.

Misalnya, kaos berkerah yang dikenakan Erdogan sama dengan pakaian Sandiaga. Sebab, terdapat tulisan “02” di tepi kerahnya.

Gelang yang dipakai di lengan tangan pada foto Erdogan juga identik dengan foto Sandiaga. Tak hanya itu, kursi pesawat dan posisi tubuh Erdogan juga sama dengan potret Sandiaga.

[Instagram]
[Instagram]

Kesimpulan:

Akun tersebut telah merekayasa foto asli untuk membuat asumsi baru yang tak berdasarkan fakta. Foto Erdogan tengah mengacungkan simbol dua jari juga palsu. Dengan demikian, bisa dikatakan foto Erdogan mendukung Prabowo – Sandiaga adalah bohong alias hoaks.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS