Kapal Norwegia Dibajak dan 9 Awak Diculik di Afrika Barat

Reza Gunadha | Rifan Aditya
Kapal Norwegia Dibajak dan 9 Awak Diculik di Afrika Barat
MV Bonita kapal kargo Norwegia dibajak dan awak kapal diculik (sumber: JJ Ugland Companies)

Tidak jelas apakah sembilan awak kapal MV Bonita diculik untuk tebusan.

Suara.com - Kapal kargo dari Norwegia, MV Bonita dibajak di lepas pantai barat Afrika. Sembilan awak kapal, termasuk kapten diculik menurut laporan perusahaan kapal tersebut.

Perusahaan pengiriman Norwegia, J.J. Ugland mengkonfirmasi kapal kargo itu telah dibajak setelah merilis pernyataan pada Minggu (3/11/2019). Delapan awak dan satu kapten telah diculik oleh bajak laut.

"Tim Tanggap Darurat Ugland menangani situasi ini sesuai dengan rencana kontinjensi dan mereka berhubungan dengan pihak berwenang yang terkait. ...Keluarga para anggota kru telah dihubungi dan akan terus mendapat informasi dari Ugland," kata perusahaan J.J. Ugland dalam sebuah pernyataan.

"Pembaruan lebih lanjut akan diberikan ketika dan ketika informasi baru yang dikonfirmasi tersedia dan dapat dirilis," imbuhnya.

Mereka dipaksa turun dari kapal dan dibawa ke lokasi yang dirahasiakan. Tidak jelas apakah mereka ditahan untuk tebusan.

Dikutip dari Mirror, Rabu (6/11/2019), kru kapal yang tersisa menghubungi pihak berwenang setempat. Mereka juga telah mengirimkan peringatan darurat ke kapal-kapal terdekat untuk meminta bantuan.

Kru yang tersisa telah melabuhkan kapal di kota pelabuhan Cotonou, Benin, Afrika Barat.

Menurut Asosiasi Pemilik Kapal Norwegia, semua kru yang diculik berasal dari Filipina.

Sebelumnya, pembajakan kapal pernah terjadi di tahun 2011 terhadap kapal tanker Norwegia. Kejadian pembajakan juga terjadi di Benin tetapi tidak berhasil.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS