Girang Hakim Syarifuddin Jadi Ketua MA, Mahfud MD: Teman Almamater Saya

Agung Sandy Lesmana | Ria Rizki Nirmala Sari
Girang Hakim Syarifuddin Jadi Ketua MA, Mahfud MD: Teman Almamater Saya
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Suara.com/Ria Rizki)

Mahfud menyebut kalau Syarifuddin merupakan sahabatnya di perguruan tinggi.

Suara.com - Mahkamah Agung kini memiliki ketua baru yakni Hakim Agung Muhammad Syarifuddin untuk periode 2020-2025 Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD turut bergembira mendengar kabar tersebut.

Syarifuddin didapuk menjadi ketua MA usai dipilih 32 suara dari 47 Hakim Agung yang berpatisipasi dalam pemilihannya.

Mahfud menyebut kalau Syarifuddin merupakan sahabatnya di perguruan tinggi.

"Turut bergembira dan mengucapkan selamat kepada sahabat sealmamater saya UII, Dr. Syarifuddin, yang pada hari ini terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA), menggantikan Dr. Hatta Ali," kata Mahfud melalui akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd pada Senin (6/4/2020).

Harapan baik pun disampaikan Mahfud kepada sahabatnya itu untuk tetap melanjutkan semangat reformasi di dunia peradilan. Tidak lupa, Mahfud juga menyampaikan ucapan selamat purna tugas kepada Hatta Ali yang sudah menjabat ketua MA sejak 2012.

"Semoga bisa melanjutkan reformasi dunia hukum dan peradilan. Selamat purna tugas kepada Bapak Hatta Ali," pungkas Mahfud.

Untuk diketahui, Hakim Agung Muhammad Syarifuddin resmi terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) menggantikan Muhammad Hatta Ali dalam Sidang Paripurna Khusus Pemilihan Ketua Mahkamah Agung RI yang digelar di Gedung Kusumaatmaja, Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Senin (6/4/2020).

Syarifuddin terpilih berdasarkan hasil pemilihan hak suara para peserta Hakim Agung sebanyak 32 suara. Sedangkan, Hakim Agung Andi Samsan Nganro mendapatkan hanya mendapatkan 14 suara.

Adapun pemilihan tersebut diikuti oleh 47 Hakim Agung. Di mana Ketua MA sebelumnya Muhammad Hatta Ali tidak memberikan hak suara.

"Berita acara hasil perhitunga suara, yang mulia Muhammad Syarifuddin telah mendapatkan suara sejumlah 32 suara. Calon Ketua MA Syarifuddin yang mendapatkan suara terbanyak putaran kedua, maka langsung ditetapkan sebagai ketua MA terpilih," kata Hatta Ali membacakan hasil penghitungan suara, di Gedung MA, Jakarta Pusat, Senin (6/4/2020).

Hatta Ali pun meminta kepada seluruh 47 Hakim Agung untuk memberikan salam hormat kepada Ketua MA terpilih Syarifuddin.

"Mari kita berikan salam terhormat untuk beliau (Syarifuddin). Maka kami tetapkan Ketua MA terpilih," Hatta sambil mengetok palu.

Pemilihan Ketua MA tersebut dilakukan sebanyak dua putaran. Di mana dalam putaran pertama sebelumnya belum ada calon Ketua MA mendapatkan hak suara mencapai 50 persen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS