Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Anies Dipuji Dunia karena Selamatkan Indonesia dari Corona?

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
CEK FAKTA: Anies Dipuji Dunia karena Selamatkan Indonesia dari Corona?
Fakta Anies Dapat Pujian Dunia Karena Selamatkan Indonesia dari Corona (ist)

Benarkah Anies Baswedan dapat pujian dunia karena selamatkan Indonesia dari corona?

Suara.com - Jagat media sosial diramaikan dengan kabar yang menyebutkan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mendapatkan pujian dari internasional. Pasalnya, Anies dinilai sukses menyelamatkan Indonesia dari penyebaran virus coron baru Covid-19.

Kabar tersebut awalnya diunggah dalam kanal YouTube Rakyat Merdeka berjudul 'JAKARTA MELAWAN ! Langkah SIGAP & CERDAS Anies Baswedan SELAMATKAN JAKARTA' pada Senin, 16 Maret 2020.

Pada bagian cover video tersebut tampak foto Anies Baswedan dan narasi sebagai berikut:

"Ketajaman mata hati Anies Baswedan mengambil alih komando perang melawan corona selamatkan Indonesia.

Baca Juga: ICW Desak Istana Buka Informasi Pengangkatan Staf Khusus Jokowi

Kesigapan dan kecerdasan Anies Baswedan dipuji oleh dunia".

Benarkah klaim dalam video tersebut?

Fakta Anies Dapat Pujian Dunia Karena Selamatkan Indonesia dari Corona (ist)
Fakta Anies Dapat Pujian Dunia Karena Selamatkan Indonesia dari Corona (ist)

Penjelasan

Dari hasil penelusuran Tim Cek Fakta Suara.com, Rabu (22/4/2020), kabar yang beredar tersebut tidak benar. Tidak ada pemberitaan dari media mainstream manapun terkait klaim tersebut.

Video tersebut berdurasi 15 menit 11 detik. Isi video tersebut adalah konferensi pers yang dilakukan oleh Anies di Balai Kota Jakarta pada Minggu (15/3/2020).

Baca Juga: Suara Rintihan Minta Tolong dari Tanah Kosong Gegerkan Warga Kulon Progo

Dalam konferensi pers tersebut, Anies sama sekali tidak menyinggung mengenai pujian internasional kepadanya dalam hal penanganan virus corona.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar