Viral Warga Protes Bansos Jokowi Hanya Berisi Beras & Minyak Goreng

Rendy Adrikni Sadikin | Ruhaeni Intan
Viral Warga Protes Bansos Jokowi Hanya Berisi Beras & Minyak Goreng
Warga protes paket sembako Jokowi tidak sesuai ekspetasi (Twitter).

Bantuan tersebut hanya berisi beras yang dibungkus kresek hitam, tiga buah mi instan, minyak goreng curah, dan dua kaleng sarden.

Suara.com - Seorang warga di Kelurahan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat memprotes Presiden Joko Widodo lantaran bantuan sembako yang ia terima hanya berisi beras dan minyak goreng.

Warga RT 10 RW 08 itu mempertanyakan apakah benar bantuan dari Presiden Jokowi hanya berisikan paket sembako yang tidak sesuai dengan ekspetasi.

"Saya atas nama warga RT 010 RW 08, Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, ingin bertanya apakah sembako dari pak presiden seperti ini?" ujarnya.

Upaya protes yang terekam kamera itu kemudian diunggah oleh akun Twitter @black__valley1 dan viral di media sosial.

Dalam video tersebut, diketahui bahwa paket sembako yang diduga berasal dari Presiden Jokowi itu hanya berisikan beras 5 liter yang dibungkus kresek hitam, minyak goreng curah, tiga buah mi instan, serta dua kaleng sarden.

Kabar itu lantas memunculkan spekulasi dari warganet yang merasa tidak percaya jika presiden memberikan bantuan dalam bentuk demikian.

"Entah ada oknum yang sunat isinya atau pembuat video yang ganti isinya. Sudah dimanipulasi. Enggak mungkin bantuan presiden isinya beras tidak mungkin dalam kresek hitam dan tidak mungkin kasih minyak goreng curah," demikian tulis @black__valley1.

Warga protes paket sembako Jokowi tidak sesuai ekspetasi (Twitter).
Warga protes paket sembako Jokowi tidak sesuai ekspetasi (Twitter).

Ia pun menyertakan lampiran foto yang memperlihatkan isi paket sembako dari presiden yang berisi beras 10 kilogram, mi instan 10 bungkus, susu ultra 5 kotak, teh 1 kotak, minyak goreng 5 liter, sarden 2 kaleng, kornet 2 kaleng, sabun mandi 2 buah, serta saos dan kecap masing-masing 1 buah.

"Setahu gue bantuan dari pemerintah itu isinya beras 10 kilogram, mi [instan] 10 bungkus, susu ultra 5, teh 1 box, minyak 5 liter, kornet 2 kaleng, sarden 2 kaleng, sabun mandi 2, saos & kecap 1. Itu berarti ada yang mengurangi atau tidak beres dalam pembagian," kata @black__valley1.

Sementara itu, Sekretaris Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos, Nurul Farijati, mengatakan bahwa paket sembako dari Kementerian Sosial (Kemensos) berisi beras, minyak goreng, sarden, kornet, sambal, kecap, mi instan, susu UHT, teh, dan sabun mandi.

"Kalau yang bantuan sembako presiden itu sebulan cair 2 kali dengan nilai Rp 300 ribu yang diwujudkan dalam bentuk sembako dengan rincian antara lain beras, minyak goreng, sarden, kornet, sambal, kecap, mi instan, susu UHT, teh, dan sabun mandi," katanya lewat keterangan tertulis, Selasa (21/4/2020).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS