Sengaja Cium Masker, Tahanan AS Malah Ingin Tertular Corona agar Dibebaskan

Reza Gunadha | Ruhaeni Intan
Sengaja Cium Masker, Tahanan AS Malah Ingin Tertular Corona agar Dibebaskan
Video napi sengaja hirup masker supaya tertular COVID-19 (New York Post).

Mereka dengan sengaja mengendus masker secara bergantian dan mengedarkan gelas minuman yang sama supaya bisa terjangkit COVID-19.

Suara.com - Sejumlah tahanan di Lembaga Permasyarakatan (LP) yang ada di Castaic, Los Angeles, California sengaja menghirup masker dan berbagi gelas. Diduga, hal itu mereka lakukan demi tertular virus corona.

Para tahanan itu dengan sengaja mengendus masker secara bergantian dan mengedarkan gelas minuman yang sama supaya bisa terjangkit COVID-19. Pasalnya, jika terinfeksi COVID-19, mereka bisa melenggang keluar dari penjara.

Sialnya, aksi nekat yang mereka lakukan itu terekam oleh kamera CCTV. Departemen Sheriff Los Angeles mengatakan ada sekitar 20 orang tahanan yang diduga sengaja berbagi gelas dan mengendus masker.

Salah seorang sheriff bernama Alex Villanueva lantas merilis video tersebut kepada publik pada hari Senin (11/5/2020) waktu setempat.

Dari pengakuan Alex, mereka juga sengaja menenggak air panas sesaat sebelum petugas kesehatan mengecek suhu tubuh mereka. Hal itu dilakukan supaya mereka dianggap demam oleh suster.

Namun, usaha mereka ternyata tidak sia-sia. Pasalnya, kurang dari satu minggu pasca kejadian, mereka pun dinyatakan positif COVID-19.

"Sebagai akibat langsung dari aksi mereka yang terlihat dalam video, 21 pria dinyatakan positif COVID-19 dalam seminggu," kata sheriff Alex dikutip dari New York Post.

Tetapi, dugaan mereka ternyata salah. Meskipun positif COVID-19, rupanya pihak keamanan tidak langsung membebaskan mereka begitu saja.

"Ada beberapa anggapan keliru di antara para narapidana bahwa jika mereka positif COVID-19, maka kami akan melepaskan mereka dari lingkungan penjara. Padahal itu tak akan terjadi," kata Alex.

Ia pun melaporkan bahwa ada 123 kasus positif pada tanggal 4 Mei 2020, melonjak sebesar 60% hanya berselang satu minggu. Pada Senin (11/5/2020), kata Alex, total terdapat 357 napi positif COVID-19 dan 117 di antaranya dinyatakan sembuh.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS