Kebun Binatang Ini Selamatkan Hewan dari Corona, dari Macan hingga Rusa

Rendy Adrikni Sadikin | Arief Apriadi
Kebun Binatang Ini Selamatkan Hewan dari Corona, dari Macan hingga Rusa
Ilustrasi kebun binatang (Pixabay/scholty1970)

"Pandemi virus Corona membuat sumber daya dan ekonomi pemilik hewan terdampak. Karenanya, mereka memilih untuk membuang hewan miliknya," kata presiden AZCARM Ernesto Zazueta.

Suara.com - Asosiasi Kebun Binatang, Pembibitan, dan Akuarium Meksiko (AZCARM) berhasil menyelamatkan puluhan hewan liar dari penelantaran pemilik akibat pandemi virus Corona Covid-19.

Menyadur Bangkok Post, AZCARM telah menyelamatkan hewan liar dan hewan terancam punah mulai dari harimau, ular piton, bayi manatee, 14 burung macau hijau, hingga 49 rusa dari pabrik gula di Tabasco.

Berbagai hewan itu dikumpulkan AZCARM lewat kampanye mengindari penelantaran hewan liar selama Covid-19 berlangsung. Kekinian, Hewan-hewan itu diserahkan ke kebun binatang Culiacan yang terletak di negara bagian Sinaloa, Meksiko.

"Penelantaran terjadi ketika orang-orang tidak mampu lagi mengurus hewan mereka," kata presiden AZCARM Ernesto Zazueta dikutip dari Bangkok Post, Rabu (3/6/2020).

"Pandemi virus Corona membuat sumber daya dan ekonomi pemilik hewan terdampak. Karenanya, mereka memilih untuk membuang hewan miliknya."

Harimau Benggala (Panthera Tigris) berada di dalam kandang di Bandung Zoo, Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/5).. [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi]
Ilustrasi Harimau. [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi]

Harimau bernama Kira, yang masih berusia dua setengah tahun tiba di sebuah kebun binatang di timur lau Meksiko pada April 2020.

Pemiliknya menyerahkan harimau tersebut kepada AZCARM lantaran tak mampu lagi untuk memberinya makan di tengah krisis ekonomi akibat Covid-19.

Harimau betina seberat 130 kilogram itu dibius dan diangkut dalam sangkar dengan truk ke rumah barunya di kebun binatang Culiacan.

"Harimau itu diserahkan karena pemiliktidak bisa menjaganya," kata Diego Garcia, Direktur Kebun Binatang Culiacan.

"Tetapi untuk rusa, ini keadaan darurat karena mereka tidak punya makanan atau bahkan orang untuk menjaganya, selain berada di tempat yang tidak memadai untuk spesies ini."

Kebun binatang Culiacan tak hanya menyelamatkan berbagai hewan liar di tengah pandemi Covid-19. Sejak beberapa tahun lalu, mereka kerap menampung hewan terlantar hasil dari perdagangan ilegal dan bisnis sirkus.

"Ketika hewan-hewan tiba, kami mengevaluasi mereka, kami merehabilitasi mereka," kata Ernesto Zazueta.

"Banyak yang tidak bisa kembali ke alam liar karena mereka tidak tahu bagaimana bertahan hidup, mereka tidak tahu bagaimana berburu, atau bagaimana mempertahankan diri mereka sendiri," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS