facebook
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Foto Uya Kuya Menghipnotis Maruf Amin?

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
CEK FAKTA: Benarkah Foto Uya Kuya Menghipnotis Maruf Amin?
Unggahan Uya Kuya menghipnotis Maruf Amin. (turnbackhoax.id)

"Saya coba akan menghipnotis Pak Maruf Amin apakah beliau jujur dan tau tentang RUU HIP,"

Suara.com - Baru-baru ini di tengah maraknya pemberitaan soal penolakan Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila atau RUU HIP, merebak isu presenter Uya Kuya menghipnotis Wakil Presiden Maruf Amin.

Isu tersebut dibagikan oleh seorang pengguna Facebook bernama Puta Inka ke dalam grup Sahabat Aline Yoana tan.

Ia membagikan foto yang menampilkan sosok Uya Kuya tengah merangkul Maruf Amin yang tengah duduk dan memakai masker hitam.

Pada gambar Maruf Amin terdapat tulisan berbunyi, "Saya cuma tau tol langit".

Baca Juga: Pemuka Agama Desak Presiden dan DPR Jangan Utak-atik Pancasila

Sementara sebagai keterangan, pengunggah foto kemudian menuliskan narasi Uya Kuya tengah menghipnotis Maruf Amin terkait RUU HIP.

"Uya Kuya. Saya coba akan menghipnotis Pak Ma’ruf Amin apakah beliau jujur dan tau tentang RUU HIP yang ngotot diusulkan PARTAI BANTENG yang ingin mngganti PANCASILA dan apakah beliau menyetujui tentang RUU HIP itu. Jawabannya cukup kalian yang bisa menilai"

Unggahan Uya Kuya menghipnotis Maruf Amin. (turnbackhoax.id)
Unggahan Uya Kuya menghipnotis Maruf Amin. (turnbackhoax.id)

Lantas benarkah foto Uya Kuya menghipnotis Maruf Amin?

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, unggahan Uya Kuya menghipnotis Maruf Amin dipastikan tidak benar.

Baca Juga: Sejumlah Tokoh Lintas Agama Tegaskan Pancasila Sudah Final

Unggahan tersebut merupakan hasil editan dari sejumlah sumber sehingga menampilkan sosok Uya Kuya seolah-olah menghipnotis Maruf Amin.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar