RPJMD DKI Akan Diubah Imbas Corona, Formula E Diminta Tak Dimasukan

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
RPJMD DKI Akan Diubah Imbas Corona, Formula E Diminta Tak Dimasukan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kemeja biru) memantau balapan mobil listrik Formula E di Brooklyn Street Circuit, New York. (Facebook/Anies Baswedan)

Dengan keuangan DKI yang sudah merosot tajam, acara ini dinilai tak lagi memiliki urgensi untuk diadakan segera.

Suara.com - Merebaknya virus corona Covid-19 memberikan dampak besar terhadap pembangunan di DKI Jakarta. Setelah APBD merosot, kali ini Pemprov DKI Jakarta mengajukan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) tahun 2017-2022.

Perubahan RPJMD itu tertuang dalam Surat Gubernur DKI Nomor 238/-1.172.5 tanggal 29 Juni 2020 tentang rencana perubahan atas RPMJD Provinsi DKI Jakarta tahun 2017-2020.

Ketua Komisi A DPRD Jakarta Mujiyono mengatakan perubahan diajukan karena terjadi perubahan mendasar pada kinerja keuangan daerah. Ia sendiri menganggap hal ini wajar mengingat situasi ibu kota sekarang ini.

Namun ia meminta agar perubahan dilakukan secara efektif menyesuaikan kemampuan DKI. Salah satunya tidak memasukan penyelenggaraan ajang balap mobil listrik internasional Formula E dalam RPJMD itu.

"Mengingatkan agar perubahan RPJMD 2017-2022 tidak diarahkan untuk mengakomodasi program-program baru yang tidak tercantum dalam RPJMD sebelumnya, seperti ajang penyelenggaraan ajang balap mobil listrik internasional (Jakarta E-Prix)," ujar Mujiyono dalam keterangan tertulisnya yang dikutip suara.com, Jumat (10/7/2020).

Untuk itu ia meminta agar Pemprov meniadakan Formula E karena tidak memiliki kajian yang memadai dan terlalu dipaksakan. Dengan keuangan DKI yang sudah merosot tajam, acara ini dinilai tak lagi memiliki urgensi untuk diadakan segera.

"Kegiatan Formula E menggunakan dana APBD yang cukup besar di tengah terjadinya tekanan pada sisi penerimaan daerah dan potensi terjadinya defisit," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS