alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Timor Leste Ingin Gabung Kembali dengan Indonesia?

Dany Garjito | Hernawan
CEK FAKTA: Benarkah Timor Leste Ingin Gabung Kembali dengan Indonesia?
[SALAH] Timor Leste Ingin Gabung Kembali Dengan Indonesia (Turnbackhoax.id).

Beredar narasi yang menyebutkan bahwa Timor Leste ingin bergabung kembali dengan Indonesia. Benarkah klaim tersebut?

Suara.com - Beredar narasi yang menyebutkan bahwa Timor Leste ingin bergabung kembali dengan Indonesia usai melihat Papua dan Aceh sejahtera.

Klaim yang sudah beredar sejak 2014 lalu ini kembali diangkat oleh kanal YouTube BERITA POLITIK pada Rabu (9/10/2020).

Kanal YouTube itu mengunggah video berjudul MELIHAT #PAPUA DAN #ACEH SEJAHTERA, #TIMOR #LESTE INGIN GABUNG DENGAN #INDONESIA.  Video tersebut telah diputar sebanyak 1.191 kali.

Berikut narasi yang ada dalam video tersebut:

Baca Juga: Jika Ustaz Sudah Sebar Hoaks, Mencaci, Ini Sudah Keluar dari Ajaran Nabi

"TIMOR LESTE SIAP GABUNG DENGAN NKRI PERTAMA KALI DALAM SEJARAH INDONESIA"

[SALAH] Timor Leste Ingin Gabung Kembali Dengan Indonesia (Turnbackhoax.id).
[SALAH] Timor Leste Ingin Gabung Kembali Dengan Indonesia (Turnbackhoax.id).

Lantas benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Kamis (10/9/2020), klaim yang menyebut Timor Leste ingin kembali bergabung dengan Indonesia usai melihat Papua dan Aceh sejahtera adalah klaim yang salah.

Video tersebut hanya berisi potongan-potongan slide show foto disertai narasi voice over dan tidak ada pernyataan baik dari Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Timor Leste seperti pada judul yang tertera.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Anies Dapat Piagam Provinsi dengan Covid-19 Tertinggi?

Isu ini merupakan kabar bohong atau hoax lama yang bersemi kembali dan telah diperiksa faktanya oleh Mafindo pada 19 November 2018 silam dengan judul "[SALAH] Timor Leste Mau Kembali Bergabung Dengan Indonesia Sekarang (2018)".

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar