facebook

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Kronologinya

Rifan Aditya
Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Kronologinya
Pusat Konservasi Cagar Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta membersihkan patung di Monumen Tugu Proklamasi, Jakarta, Kamis, (10/9).

Berikut ini lengkap teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dan kronologi runtutan kejadian proklamasi.

Suara.com - Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada 17 Agustus 1945. Menurut penanggalan Jepang, teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan pada 17 Agustus 2605. Teks proklamasi dibacakan oleh Soekarno didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta.

Pelaksanaan pembacaaan teks proklamasi bertempat di rumah hibah Faradj Bin Said Bin Awadh Martak. Rumah beralamat di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56 Jakarta Pusat.

Pembacaan Teks Proklamasi

Pembacaan teks proklamasi menjadi awal baru era perlawanan diplomatik dan bersenjata dari Revolusi Kemerdekaan Indonesia. Perang terus berlanjut meskipun pembacaan teks proklamasi telah dilaksanakan sampai Belanda secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949. Hal itu terjadi setelah peristiwa yang juga menandai bearkhirnya Perang Dunia II yang mana Hiroshima dan Nagasaki hancur oleh Bom Atom.

Baca Juga: Makna Lambang Pancasila dari Bintang Emas sampai Padi dan Kapas

Utusan Penyebar Proklamasi

Teks proklamasi ditandatangani oleh Soekarno dan Mohammad Hatta. Keduanya kemudian ditunjuk sebagai Presiden dan Wakil Presiden pertama Indonesia. Berita pembacaan teks proklamasi disebarkan secara langsung oleh para utusan ke daerah-daerah.

Para utusan yang ikut menyebarkan berita proklamasi Indonesia antara lain:

  • Teuku Mohammad Hassan dari Aceh
  • Sam Ratulangi dari Sulawesi
  • Ketut Pudja dari Sunda Kecil (Bali)
  • A.A. Hamidan dari Kalimantan

Isi Teks Proklamasi

Berikut isi teks proklamasi tersebut:

Baca Juga: Sejarah Rumusan Pancasila dari 3 Tokoh Nasional

P R O K L A M A S I

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar