facebook

5 Kontroversi Amien Rais, Sarat Akan Istilah Unik Berbalut Kritik

Farah Nabilla
5 Kontroversi Amien Rais, Sarat Akan Istilah Unik Berbalut Kritik
Kontroversi Amien Rais (YouTube/AmienRaisOfficial).

Berikut adalah deretan kontroversi Amien Rais, politisi senor yang baru-baru ini bertemu Presiden Joko Widodo setelah sekian lama rajin melontarkan kritiknya.

Suara.com - Nama Amien Rais kembali menjadi bahan perbincangan hangat di kalangan publik. Ia dikenal sebagai politikus yang sarat akan pro dan kontra. Lalu, apa saja kontorversi Amien Rais?

Amien Rais adalah sosok yang berperan cukup besar dalam melahirkan PAN. Sejarah mencatat, hanya tiga bulan setelah Orde Baru bubar seiring lengsernya Soeharto dari kursi kepresidenan, Amien Rais dan sejumlah tokoh lainnya mendeklarasikan PAN pada tanggal 23 Agustus 1998.

Sepak-terjang Amien Rais kerap menggemparkan dan tidak jarang memantik kegaduhan publik. Inilah yang membuat sejumlah pendiri PAN menuliskan surat terbuka tertanggal 26 Desember 2018.

Berikut ini adalah deretan kontroversi Amien Rais yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: Temui Jokowi, Amien Rais: Kematian 6 Laskar FPI Pelanggaran HAM Berat

1. Disebut dalam Tipikor

Pada bulan Juni 2017 lalu, nama Amien Rais disebut oleh jaksa KPK dalam persidangan tindak pidana korupsi dengan terdakwa Siti Fadilah Supari. Dalam surat tuntutan jaksa tersebut, sejumlah uang yang diterima sebagai keuntungan pihak swasta juga mengalir ke rekening Amien Rais.

2. Partai Allah

Kontroversi Amien Rais lainnya datang saat dirinya mengisi tausiah usai mengikuti Gerakan Indonesia Sholat Subuh berjemaah di Masjid Baiturrahim, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (13/4/2018) pagi. Pada saat itu, Amien Rais menyebut partai Allah dan partai setan.

3. Jokowi Pengibulan

Baca Juga: Mahfud Minta Bukti Amien Rais Cs Kasus Laskar Langgar HAM Berat: Secuil Aja

Saat menjadi pembicara di Bandung pada tanggal 18 Maret 2018 lalu, Amien Rais menuding pembagian sertifikat tanah oleh Presiden Jokowi adalah kebohongan publik.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar