alexametrics

Royal Vault: Pemakaman Tersembunyi di Balik Kemegahan Kastil Windsor

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Royal Vault: Pemakaman Tersembunyi di Balik Kemegahan Kastil Windsor
Pangeran Philip. (Dok: Twitter/The Royal Family)

Ruang pemakaman ini terletak di bawah Kapel St George, di halaman Kastil Windsor.

Suara.com - Pangeran Philip, Duke of Edinburgh akan dimakamkan hari ini, Sabtu (17/04). Ada banyak hal menarik yang bisa digali tentang tradisi Kerajaan Inggris, salah satunya tentang Royal Vault.

Menyadur The Sun, Royal Vault adalah ruang pemakaman yang terletak di bawah Kapel St George, di halaman Kastil Windsor.

Seperi yang sudah diketahui, kemegahan Kastil Windsor pernah jadi saksi bisu pernikahan Pangeran Harry dan kini, di kastil yang sama akan dimakamkan jenazah sang kakek.

Kembali pada Royal Vault, ruangan ini dibangun antara tahun 1804 dan 1810 atas instruksi Raja George III. Sejak itu, anggota senior Keluarga Kerajaan ditempatkan di 'ruang besi' itu setelah mereka meninggal.

Baca Juga: Rahasia Awetnya Pernikahan 73 Tahun Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Secara tradisional di pemakaman Kerajaan, peti mati akan diturunkan ke dalam lemari besi melalui lubang di lantai Kapel St George.

Kastil Windsor. (Shutterstock)
Kastil Windsor. (Shutterstock)

Sejak didirikan pada awal abad ke-19, banyak makam Raja, Ratu, dan anggota Keluarga Kerajaan lainnya yang dimakamkan di lemari besi, termasuk Putri Amelia, putri bungsu Raja George III.

Terakhir, Putri Andrew ibu dari Pangeran Philip, juga dimakamkan pada tahun 1969 di sana. Namun belakangan, makamnya dipindahkan ke Yerusalem pada tahun 1988.

Pemakaman di Royal Vault semakin jarang terjadi belakangan ini karena kurangnya ruang di dalam ruangan.

Menurut keterangan kerajaan, Royal Vault tak akan jadi tempat peristirahatan terakhir Pangeran Philip, karena ketika Ratu Elizaebth II meninggal jenazahnya akan dipindahkan ke makam Keluarga Kerajaan di Frogmore.

Baca Juga: Pemakaman Pangeran Philip: Pangeran William - Harry Tak Jalan Bersebelahan

Di pemakaman itu, jenazah Pangeran Philip akan bersanding dengan istrinya, berkumpul dengan ayah, ibu dan saudara Ratu Elizaebth II.

Komentar