alexametrics

Diundang Dalam Pertemuan G7, Delegasi India Ternyata Positif Corona

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Diundang Dalam Pertemuan G7, Delegasi India Ternyata Positif Corona
Menlu India saat pertemuan G7 virtual. (Twitter/@DrSJaishankar)

Rombongan delegasi India terpaksa karantina di hotel dan hadir di pertemuan virtual.

Suara.com - Delegasi India yang akan menghadiri pertemuan G7 di London terpaksa melakukan karantina di kamar hotel setelah dua stafnya dinyatakan positif corona.

Menyadur NPR Kamis (06/05), rombongan yang terdiri dari Menlu Subrahmanyam Jaishankar dan beberapa diplomat papan atas ini tiba di London pada hari Senin.

Mereka datang untuk kunjungan empat hari atas undangan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab.

Delegasi India diharapkan menghadiri pertemuan tatap muka bilateral dengan Raab di Kent pada hari Kamis, kini pertemuannya diadakan secara virtual, lapor Economic Times India.

Baca Juga: Gubsu Soal Bobby Protes Lokasi Karantina WNI: Tanya Tuhan yang Maha Tahu!

Sementara itu, Menlu Jaishankar, sempat melakukan pertemuan tatap muka dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, sejak tiba di London pada Senin.

Media Inggris melaporkan sejak itu dua anggota delegasi Jaishankar dinyatakan positif. Dalam sebuah tweet, Jaishankar mengatakan dia telah diberi tahu tentang pemaparan tersebut pada Selasa malam.

Unggahan Menlu India terkait pertemuan G7. (Twitter/@DrSJaishankar)
Unggahan Menlu India terkait pertemuan G7. (Twitter/@DrSJaishankar)

"Sebagai ukuran kehati-hatian yang melimpah dan juga karena pertimbangan untuk orang lain, saya memutuskan untuk melakukan keterlibatan saya dalam mode virtual," tulisnya. "Itu juga akan terjadi pada Rapat G7 hari ini."

Pertemuan Jaishankar dengan Blinken pada hari Senin adalah tatap muka pertama mereka sejak Biden menjabat. Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel juga bertemu dengan Jaishankar dan men-tweet foto mereka yang mengenakan masker.

Meskipun India bukan anggota G7 yang mencakup Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Jerman, Italia dan Jepang tapi India termasuk negara yang diundang lebih dari dua tahun berturut.

Baca Juga: Rumah Karantina Solo Punya Fasilitas Lengkap Termasuk Wifi, Pemudik Betah?

Selain India, negara lain seperti Australia, Korea Selatan, dan Afrika Selatan juga diundang ke pertemuan itu.

Komentar