alexametrics

Seniman Denmark Pembuat Karikatur Nabi Muhammad Meninggal Dunia

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Seniman Denmark Pembuat Karikatur Nabi Muhammad Meninggal Dunia
Ilustrasi bendera Denmark.[Unsplash/Markus Winkler]

Kurt Westergaard meninggal dunia karena sakit.

Suara.com - Seorang seniman asal Denmark yang terkenal karena membuat karikatur Nabi Muhammad meninggal dunia di usia 86 tahun. setelah menderita sakit.

Menyadur Al Jazeera Senin (19/7/2021) Kurt Westergaard terkenal karena membuat gambar karikatur Nabi Muhammad yang memicu kemarahan di seluruh dunia Muslim.

Pihak keluarga mengungkapkan kepada surat kabar Denmark, Berlingske, jika Westergaard meninggal dalam tidurnya setelah lama sakit.

Westergaard menjadi orang yang ada di balik 12 gambar terbitan surat kabar harian konservatif Jyllands-Posten dengan judul Wajah Muhammad.

Baca Juga: Pulang dari Euro 2020, Skuad Denmark Disambut Bak Pahlawan

Salah satu gambar Nabi Muhammad tersebut memicu kemarahan umat Muslim di seluruh dunia karena menunjukkan Nabi mengenakan sorban berbentuk bom.

Karikatur itu pada awalnya tidak menjadi pusat perhatian, tetapi setelah dua minggu, muncul aksi demonstrasi di Kopenhagen menentang gambar tersebut.

Setelah pecahnya aksi protes di berbagai penjuru negeri, para duta besar dari negara-negara Muslim di Denmark melayangkan protes.

Aksi demo tersebut kemudian meningkat menjadi protes anti-Denmark di seluruh negara Muslim pada Februari 2006. Beberapa aksi demo diwarnai kekerasan yang menyebabkan puluhan orang tewas.

Peristiwa tersebut menyebabkan perdebatan tentang Islamofobia serta batasan kebebasan berekspresi dan beragama di Denmark.

Baca Juga: Timnas Inggris Tembus Final Euro 2020, Gary Neville Serukan Hari Libur Nasional

Westergaard bekerja di Jyllands-Posten sejak pertengahan 1980-an sebagai ilustrator. Menurut Berlingske, gambar tersebut pernah dicetak sekali dan tidak menimbulkan banyak kontroversi.

Di massa tua Westergaard, ia harus hidup di bawah perlindungan polisi di sebuah alamat rahasia karena peristiwa protes tersebut.

Pada awal 2010, polisi Denmark menangkap seorang pria berusia 28 tahun bersenjatakan pisau di rumah Westergaard. Pria tersebut diduga akan membunuhnya.

Komentar