alexametrics

Efikasi Vaksin Pfizer Mencapai 100%, Apa Artinya? Apakah Kebal Covid-19?

Dany Garjito
Efikasi Vaksin Pfizer Mencapai 100%, Apa Artinya? Apakah Kebal Covid-19?
Penjelasan lengkap apa itu Messenger RNA atau mRNA basis Vaksin Moderna dan Vaksin Pfizer.

Apakah vaksin Pfizer lebih baik dari vaksin lainnya?

Suara.com - Apa arti efikasi Vaksin Pfizer yang mencapai 100%? Apakah vaksin Pfizer lebih baik dari vaksin lainnya?

VAKSIN PFIZER

Secara resmi BPOM telah menerbitkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Pfizer atau yang biasa dengan EUA. Hal ini dilakukan guna menyikapi pandemi yang terus menerus terjadi, dan menjadikan Indonesia salah satu episentrum Covid-19 di dunia. Banyak orang kemudian bertanya, berapa tingkat efikasi vaksin Pfizer yang akan datang pada bulan Agustus ini?

EFIKASI VAKSIN PFIZER

Baca Juga: Vaksin Pfizer untuk Siapa Saja?

Pada uji klinis yang dilakukan produsen dari vaksin ini sendiri mengklaim bahwa Pfizer memiliki efikasi di atas 95%. Dengan detailnya adalah efikasi sebesar 100% pada subjek uji coba vaksin usia 12 sampai 15 tahun, dan 95,5% pada subjek uji coba vaksin usia 16 tahun ke atas. Tentu angka ini sangat besar dan menjadi kabar gembira untuk banyak orang di Indonesia.

APAKAH VAKSIN PFIZER LEBIH BAIK DARI VAKSIN LAINNYA?

Botol vaksin Pfizer pertama yang digunakan vaksinasi (Museum Nasional Sejarah Amerika Smithsonian)
Botol vaksin Pfizer pertama yang digunakan vaksinasi (Museum Nasional Sejarah Amerika Smithsonian)

Secara klinis, ya, tingkat efikasi yang ditunjukkan memang menunjukkan angka yang lebih besar. Namun tidak berarti hal ini membuat vaksin lain menjadi kurang baik untuk digunakan. Vaksin lain, seperti SInovac dan AstraZeneca, juga memiliki efikasi yang cukup tinggi. Karena tujuan utama vaksinasi dalam memberikan kekebalan pada tubuh masyarakat, maka vaksin apapun akan berefek sama pada akhirnya.

EFIKASI 100% BUKAN BERARTI KEBAL

Mungkin beberapa dari Anda kemudian bertanya-tanya, apakah dengan tingkat efikasi 100% maka penerima vaksin Pfizer akan menjadi kebal dengan Covid-19?

Baca Juga: Vaksin Pfizer: Apa itu, Efikasi, Efek Samping Vaksin Pfizer

Ingat, angka 100% didapatkan dari uji coba klinis pada subjek pengujian yang ada di satu area tertentu. Memang secara statistik, angka yang ditunjukkan adalah 100%, namun pada penggunaan di dunia nyata, yang tentu jumlah penerimanya akan lebih besar, memungkinkan terjadinya margin error. Namun demikian hal ini bukanlah masalah. Yang utama, adalah bahwa agar semua orang segera bisa mendapatkan vaksin, apapun jenisnya, agar bisa memiliki daya tahan tubuh kuat terhadap gejala  berat.

Melihat efikasi vaksin Pfizer yang baru akan hadir pada bulan Agustus nanti, diharapkan antusiasme publik pada program vaksinasi kian meningkat. Sekali lagi ditekankan, semua vaksin memiliki efek yang sama untuk membuat tubuh lebih tahan terhadap serangan virus dan meminimalisir gejala berat. Jadi, apapun vaksin yang Anda dapatkan, semua sama baiknya. Hanya saja selalu pastikan Anda  berkonsultasi dengan dokter dan menjalankan semua tahapan yang diberikan, agar efek vaksin bisa dirasakan secara optimal!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar