alexametrics

Bor Kota Tangsel di Atas 90 Persen, Mendagri Tito Minta Pemda Waspada

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
Bor Kota Tangsel di Atas 90 Persen, Mendagri Tito Minta Pemda Waspada
Mendagri, Tito Karnavian. (Dok: Kemendagri)

"BOR, bed occupancy ratio-nya masih di atas 90 persen, ini perlu diwaspadai, artinya masyarakat kesulitan untuk mendapatkan perawatan," kata Tito.

Suara.com - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta Pemerintah Kota Tangerang Selatan mengatisipasi dan mewaspadai angka positivity rate di daerah tersebut yang kerap fluktuatif. Terlebih saat ini tempat tidur rumah sakitnya masih berada di atas 90 persen.

Hal tersebut disampaikan Tito usai melakukan Rapat Koordinasi bersama Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Selasa (27/7/2021).

"BOR, bed occupancy ratio-nya masih di atas 90 persen, ini perlu diwaspadai, artinya masyarakat kesulitan untuk mendapatkan perawatan. Oleh karena itu, perlu penambahan untuk bed," kata Tito.

Tito mengatakan kalau penambahan tempat tidur bisa dilakukan melalui rumah sakit pemerintah ataupun rumah sakit awasta yang dikonversi untuk tempat perawatan Covid-19. Selain itu, ia juga meminta pemerintah daerah setempat memperbanyak tempat isolasi mandiri terpusat.

Baca Juga: Hindari Gesekan, TNI-Polri dan Satpol PP Wajib Patuhi SOP Selama Awasi Dine In 20 Menit

"Perbanyak tempat isolasi mandiri terpusat, di tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan, paling tidak sampai situ, syukur kalau bisa sampai ke tingkat kampung," ujarnya.

Dengan memperbanyak tempat isolasi mandiri terpusat, Tito berharap masyakarat yang terinfeksi Covid-19 dan tak bergejala berat, bisa ditangani lewat hadirnya tempat isolasi mandiri terpusat, tidak langsung ke Rumah Sakit penanganan Covid-19.

Sementara itu, Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie berkomitmen untuk melakukan penanganan pandemi dari hulu ke hilir.

"Di hilir kami harus terus berupaya mempersiapkan ketersediaan tempat tidur, terutama tempat tidur ICU yang memang banyak dibutuhkan masyarakat, dari 22 RS Umum dan RS Swasta yang ada di Kota Tangsel, 71 tempat tidur ICU nya relatif hampir penuh," kata Benyamin.

Benyamin juga mengatakan, pihaknya tengah mengefektifkan tambahan tempat tidur di RS Serpong Utara dengan kapasitas maksimal 150, yang 100 di antaranya dapat dimaksimalkan secara khusus untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga: Pemerintah Bolehkan Kegiatan Olahraga di PPKM Level 4 Non Jawa-Bali, Begini Syaratnya

Komentar