alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Istri Gus Dur Sinta Nuriyah Wafat?

Dany Garjito | Aulia Hafisa
CEK FAKTA: Benarkah Istri Gus Dur Sinta Nuriyah Wafat?
Sinta Nuriah Wahid sedang mengaji [Tangkapan layar Instagram Alissa Wahid]

Beredar pesan berantai yang menyatakan istri almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid meninggal dunia. Benarkah?

Suara.com - Beredar pesan berantai yang menyatakan istri almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid meninggal dunia, Rabu (19/8). 

Lalu benarkah klaim tersebut?

Melalui akun media sosialnya, Alissa Wahid, putri Sulung Gus Dur mengklarifikasi informasi tersebut dan menyatakan hal itu tidak benar. “Ibunda saya, Ibu Sinta Nuriyah Abbdurrahman Wahid, Alhamdulillah sehat, sedang mengaji,” tulisnya melalui akun Twitter @Alissawahid, Kamis (19/8).

Alissa pun meminta doa kepada masyarakat agar Ibundanya diberikan kesehatan. “Mohon doanya agar beliau panjang umur, sehat, dalam kehidupan penuh berkah.”   

Baca Juga: Beredar Pesan Berantai Sinta Nuriyah Wahid, Istri Gus Dur Meninggal, Ini Faktanya..

Sinta Nuriah Wahid sedang mengaji [Tangkapan layar Instagram Alissa Wahid]
Sinta Nuriah Wahid sedang mengaji [Tangkapan layar Instagram Alissa Wahid]

Dilansir dari laman nu.or.id, keluarga Ciganjur menanggapi bahwa kabar tersebut adalah hoaks. 

“Menanggapi informasi keliru yang beredar, kami keluarga Ibu Nyai Sinta Nuriyah Wahid mengabarkan bahwa Ibu Nyai Sinta dalam keadaan sehat wal afiat, mohon sebarkan informasi ini dan abaikan hoaks yang ada,” kata putri bungsu Gus Dur Inaya Wulandari Wahid, melalui pesan singkat yang disebarkan seorang Pengurus Sekretariat Nasional Jaringan Gusdurian, Mukhibbullah.  

Menanggapi hal tersebut, Anita Wahid meminta masyarakat untuk menyebarkan informasi tentang kebenaran dari pesan tersebut.

"Bapak, Ibu, Kakak sekalian, mohon bantuannya menyebarkan gambar ini ke berbagai WAG atas respon hoax berita wafatnya Ibu. Mohon sekali utk bantuannya, demi mencegah orang-orang berbondong-bondong datang ke Ciganjur dan berpotensi menciptakan kluster baru," pesannya.

Benarkah istri Gus Dur wafat?
Benarkah istri Gus Dur wafat?

Kesimpulan

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Suku Baduy Tak Pernah Divaksin Selama Ratusan Tahun Tetap Sehat?

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyebut Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid meninggal dunia wafat adalah hoaks.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar