alexametrics

Wagub DKI: Kami Tak Larang Mural, Tapi Jangan Nodai Jakarta dengan Vandalisme

Rizki Nurmansyah | Novian Ardiansyah
Wagub DKI: Kami Tak Larang Mural, Tapi Jangan Nodai Jakarta dengan Vandalisme
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria ketika diwawancarai awak media di Balai Kota, Jakarta, Jumat (30/7/2021). [ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna]

Wagub DKI menyebut pihak Satpol PP DKI Jakarta tengah menindaklanjuti kasus vandalisme di Tugu Sepatu.

Suara.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengingatkan agar warga tidak sembarang menyalurkan kreativitas yang berujung kepada vandalisme. Hal itu menyusul adanya vandalisme di Tugu Sepatu yang baru saja diresmikan di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Wagub DKI mengatakan kreativitas merupakan hal yang bagus. Namun akan berbeda jika cara dan tempat penyampaiannya justru merugikan orang lain. Terlebih vandalisme di Tugu Sepatu yang notabene merupakan tempat publik.

"Harus tahu tempatnya. Jangan kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan pada tempat yang tidak pada tempatnya. Tugu Sepatu itu bagian dari ikon Kota Jakarta, jangan kemudian dinodai oleh vandalisme," kata Riza, Minggu (19/9/2021).

Riza mengatakan bahwa Pemprov DKI tidak melarang keberadaan mural. Hanya saja Riza menegaskan bahwa kegiatan mural harus disalurkan melalui medium yang tepat, tidak sembarang.

Baca Juga: Aksi Vandalisme di Tugu Sepatu Jakarta, Satpol PP DKI Cari Pelaku

"Ya tentu ke depan kami minta, kami tidak melarang kegiatan-kegiatan mural grafiti dan sebagainya. Kreativitas generasi muda saya mohon disalurkan pada tempatnya," kata Riza.

Tugu Sepatu yang baru diresmikan jadi sasaran vandalisme orang tak dikenal. [Instagram@arizapatria]
Tugu Sepatu yang baru diresmikan jadi sasaran vandalisme orang tak dikenal. [Instagram@arizapatria]

Sementara itu terkait adanya aksi vandalisme di Tugu Sepatu, Riza mengatakan pihaknya bakal mengusut kejadian tersebut.

"Ya tentu nanti aparat akan mengusut tuntas siapa yang melakukannya," ujar Riza

Cari Pelaku

Sebelumnya, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara terkait aksi vandalisme yang terjadi di Tugu Sepatu Jakarta.

Baca Juga: Ferdinand Nilai KPK Perlu Telusuri Pembangunan Tugu Sepatu, Ini Alasannya

Tugu Sepatu yang terletak di dekat Stasiun Sudirman BNI City, Jakarta Pusat, jadi sasaran vandalisme oleh orang tak dikenal.

Pelaku mencorat-coret Tugu Sepatu yang baru diresmikan pada, Jumat (17/9/2021) lalu.

Terkait, vandalisme di Tugu Sepatu, Wagub DKI menyebut pihak Satpol PP DKI Jakarta tengah menindaklanjuti kasus ini.

"Pelanggaran ini sedang ditindaklanjuti oleh Ibu Bapak kami dari Satpol PP Provinsi DKI Jakarta," tulis Riza di akun Instagram pribadinya @arizapatira, dikutip SuaraJakarta.id, Minggu (19/9/2021).

"Semoga pelaku bisa ditemukan melalui CCTV," Wagub DKI menambahkan.

Sebuah bangunan menyerupai tugu berbentuk sepatu berdiri di pinggir Jalan Sudirman, tepatnya dekat Stasiun Sudirman BNI City, Jakarta Pusat. (Ist)
Sebuah bangunan menyerupai tugu berbentuk sepatu berdiri di pinggir Jalan Sudirman, tepatnya dekat Stasiun Sudirman BNI City, Jakarta Pusat. (Ist)

Riza menilai, aksi tersebut bukan pada tempatnya. Ke depannya ia berencana memfasilitasi lomba desain grafis sepatu compass.

"Coretan ini tidak pada tempatnya. Kedepan bisa kita fasilitasi dengan lomba disain grafis sepatu compass, atau beli sepatu produksi UMKM, disain sendiri, agar lebih bagus sesuai selera," tulisnya.

Warganet sendiri turut menyayangkan aksi vandalisme di Tugu Sepatu Jakarta tersebut. Mereka berharap pelaku segera tertangkap.

"Sangat disayangkan pak Wagub, segera bentuk team investigasi...bila perlu terjunkan interpol untuk mengusut tuntas kasusnya," tulis @mrizqinaya.

"Sudah diperbagus tapi ada orang yang tidak bertanggung jawab dengan coretan," tulis @harryindra26.

Komentar