alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Bansos Resmi Dihentikan Tapi PPKM Tetap Diperpanjang, Benarkah?

Reza Gunadha | Ruth Meliana Dwi Indriani
CEK FAKTA: Bansos Resmi Dihentikan Tapi PPKM Tetap Diperpanjang, Benarkah?
CEK FAKTA Bansos Resmi Dihentikan Tapi PPKM Tetap Diperpanjang. (Turnbackhoax.id)

Beredar narasi bansos resmi dihentikan oleh pemerintah sedangkan PPKM akan terus diperpanjang. Benarkah?

Suara.com - Beredar narasi bantuan sosial atau bansos resmi dihentikan sedangkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tetap diperpanjang.

Narasi ini dibagikan oleh akun Facebook bernama Januarie Whl. Akun ini memposting narasi yang mengklaim bantuan sosial dihentikan saat PPKM diperpanjang.

Postingan tersebut diunggah pada 22 September 2021 pukul 20.15. Akun tersebut juga mengkhawatirkan nasib masyarakat karena bansos dihentikan.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Baca Juga: Kabar Luhut Bongkar Jokowi Hafal Al Quran 40 Juz di Usia 10 Tahun, Cek Fakta di Sini

PPKM diperpanjang terus ‘ BANSOS dihentikan ‘ gimna hidup ini ya Allah

CEK FAKTA Bansos Resmi Dihentikan Tapi PPKM Tetap Diperpanjang. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Bansos Resmi Dihentikan Tapi PPKM Tetap Diperpanjang. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi bansos resmi dihentikan sedangkan PPKM tetap diperpanjang tidak benar.

Menteri Sosial (Mensos) Tri RIsmaharini menegaskan bansos untuk masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19 tidak dihentikan oleh pemerintah.

Baca Juga: Firdaus Targetkan Pekanbaru Berstatus PPKM Level 1 dalam Dua Minggu

“Bantuan sosial untuk masyarakat miskin dan rentan, terus berlanjut. Jadi tidak benar kalau Kementerian Sosial (Kemensos) menghentikan program bansos,” tegas Risma di Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar