alexametrics

Panduan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Rifan Aditya
Panduan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Panduan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Raudhatul Jannah (dok. istimewa)

Bagaimana panduan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW?

Suara.com - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sudah dilakukan oleh umat Islam sejak tahun kedua hijriah. Lantas bagaimana panduan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW?

Sebenarnya tidak hanya memperbanyak membaca sholawat. Ada cara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang lainnya dan perlu kalian ketahui. Makanya simak panduan peringatan Maulid Nabi Muhammad berikut ini.

Makna Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW atau kelahirannya yang marak diselenggarakan dalam bulan Rabiul Awal selalu menjadi momentum yang penting bagi umat Islam untuk mensyukuri kelahiran Nabi Muhammad SAW. Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW seiring firman Allah SWT dalam Al-Qur’an yang artinya:

Baca Juga: 11 Kata Mutiara Maulid Nabi yang Mendamaikan Hati

“Katakanlah Muhammad, dengan anugerah Allah dan rahmat-Nya maka hanya dengan itu berbahagialah orang-orang yang beriman. Hal itu (anugerah dan rahmat-Nya) lebih baik daripada harta dunia yang mereka kumpulkan.” (QS Yunus: 58).

Merujuk penafsiran Ibnu Abbas ra, maksud anugerah Allah SWT dalam ayat adalah ilmu, sedangkan maksud rahmat-Nya adalah Nabi Muhammad SAW. Imam as-Suyuthi meriwayatkan:

"Abus Syekh meriwayatkan dari Ibnu Abbas ra berkaitan ayat 58 surat Yunus, ia berkata: ‘Anugerah Allah adalah ilmu dan rahmat-Nya adalah Nabi Muhammad saw. Allah ta’âlâ berfirman: ‘Dan tidaklah Aku mengutusmu Muhammad kecuali sebagai rahmat bagi alam semesta’.” [Al-Anbiya: 107]. (Abdurrahman bin al-Kamal Jallaluddin as-Suyuthi, ad-Durrul Mantsûr, [Beirut, Dârul Fikr: 1993], juz IV, halaman 367).

Cara Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Merujuk penjelasan al-Hafidh Ibnu Hajar al-‘Asqalani yang dikutip oleh Imam as-Suyuthi dalam kitab al-Hawi lil Fatawi, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai ekspresi kebahagiaan atas kelahiran Nabi Muhammad saw. Di antaranya adalah dengan cara:

Baca Juga: 5 Amalan Maulid Nabi Meskipun Sunnah Tapi Penuh Berkah

  • Membaca Al-Qur’an
  • Memberi makan orang
  • Bersedekah
  • Mengungkapkan berbagai pujian kepada Nabi, seperti dengan membaca Maulid al-Barzanji, Maulid Diba’, Simtuth Durar, Dhiyâul Lami’ dan lainnya yang dapat mendorong hati untuk lebih giat melakukan amal kebaikan sebagai bekal di kehidupan akhirat kelak.

Inilah empat cara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW menurut al-Hafidh Ibnu Hajar al-‘Asqalani. Semoga penjelasan diatas dapat menjadi panduan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk kalian.

Komentar