alexametrics

Bekerja dan Belajar dari Rumah, Kominfo Pastikan Dukungan Digital Berjalan Lancar

Fabiola Febrinastri
Bekerja dan Belajar dari Rumah, Kominfo Pastikan Dukungan Digital Berjalan Lancar
Ilustrasii transformasi digital. (Shutterstock)

Aturan-aturan tersebut mengimbau masyarakat untuk tinggal di rumah lebih lama.

Suara.com - Pandemi di Indonesia baru disadari pada 2 Maret 2020, saat Presiden Jokowi menyebutkan ada 2 warga negara Indonesia yang positif terjangkit Virus Corona. Keduanya merupakan warga Depok, Jawa Barat. Sedangkan Desember 2019 adalah awal ditemukannya virus ini di Wuhan. WHO sendiri baru menamakan ini sebagai Virus Corona pada Januari-Februari 2020.

Untuk merealisasikan disiplin kesehatan dan meminimalisir kerumunan, pemerintah mengeluarkan kebijakan, mulai dari PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) hingga PPKM, yaitu Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Sejumlah sesi PPKM Darurat telah dilaksanakan, dan saat ini, pemerintah tengah memberlakukan PPKM leveling.

Aturan-aturan tersebut mengimbau masyarakat untuk tinggal di rumah lebih lama. Semua kegiatan, termasuk bekerja, belajar hingga beribadah, dilakukan dari rumah.
Di tengah imbauan itu, tentu, pemerintah harus mengupayakan hal-hal yang mendukung aktivitas dari rumah. Salah satunya adalah dukungan digital yang harus berjalan lancar.

Menanggapi hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama pemangku kepentingan sektor komunikasi dan informatika menyiapkan layanan telekomunikasi yang berkualitas, agar warga bisa menjalani segala kegiatan digitalnya dari rumah.

Baca Juga: Dukung Perkembangan Esports, Kominfo Ingin Developer Game Bernuansa Indonesia

Indonesia Mulai Transformasi Digital
Beberapa waktu lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate menyatakan, Kominfo berupaya untuk selalu menjaga layanan telekomunikasi dan internet tetap prima.

Menurutnya, situasi baru di Indonesia dan dunia yang terjadi saat ini merupakan bentuk baru dari transformasi cara hidup, cara bernegara, transformasi bekerja, transformasi bersosialisasi dan transformasi budaya dalam arti yang sangat luas.

Berkenaan dengan kerja, sekolah, dan beribadah dari rumah, Kominfo dan seluruh operator seluler dan platform digital berusaha menjaga betul jaringan telekomunikasi dan informatika.

Menurut Menkominfo, kesiapan infrastruktur telekomunikasi dan digital harus diperhatikan untuk mendorong percepatan transformasi digital.

"Secara fundamental, kehidupan masyarakat menjadi satu pola hidup yang berbeda dan berubah dari biasanya. Bukan lagi kehadiran secara fisik. Ruang digital dan ruang telekomunikasi menjadi aktivitas masyarakat itu sendiri," ujarnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kominfo Dukung Pengembangan Satelit Nano di Indonesia

Senada dengan pesan Presiden Joko Widodo saat Program Indonesia Makin Cakap Digital 2021 dicanangkan, bahwa pemerintah telah melakukan berbagai upaya pengembangan konektivitas digital dan talent digital, maka Kominfo saat ini, menjaga benar segala aset telekomunikasi.

Komentar