facebook

Blak-blakan SBY soal Kondisi Terbaru usai Jalani Operasi Kanker

Rendy Adrikni Sadikin
Blak-blakan SBY soal Kondisi Terbaru usai Jalani Operasi Kanker
Foto SBY saat menjalani perawatan di Amerika Serikat karena sakit kanker prostat. (Tangkapan layar/Instagram)

Operasi besar tersebut untuk mengangkat prostatnya yang berisi sel-sel kanker.

Suara.com - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono blak-blakan setelah menjalani pengobatan kanker prostat di Amerika Serikat, Selasa (2/11/2021). Kabar tersebut dibagikan SBY melalui jejaring sosial Instagram.

Ditemani putra bungsunya, Edhie Baskoro Yudhoyono beserta istri dan anak, SBY menjalani pengobatan di Rochester, Minnesota, Amerika Serikat. Lewat Instagram milik almarhum sang istri, @aniyudhoyono, SBY mengisahkan kondisinya.

SBY menyatakan bahwa telah menjalani tindakan medis berupa operasi besar untuk mengangkat penyakit yang dideritanya. Operasi besar tersebut untuk mengangkat prostatnya yang berisi sel-sel kanker.

"Saya telah menjalani tindakan medis, operasi besar (major surgery) untuk mengangkat prostat saya yang di dalamnya ada sel-sel kanker," ucap SBY melalui rekaman video.

SBY juga menyatakan bahwa semua tindakan medis yang dijalaninya berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan ekspektasi, baik ekspektasinya, tim dokter Indonesia maupun tim dokter Mayo Clinic.

"Saat ini pasca tindakan medis ini, pasca major surgery, saya masih melakukan pemulihan atau recovery setelah operasi besar itu yang saya lakukan di Rochester. Hari ini saya juga melakukan kontrol," lanjutnya.

SBY kemudian menyatakan bahwa operasi besar yang dijalaninya memiliki sejumlah risiko, terlebih karena usianya yang telah menginjak 72 tahun.

"Operasi besar yang saya jalani ini tentu memiliki sejumlah risiko, saya tahu dan pada usia saya yang ke 72 tahun ini risiko itu bertambah besar," ujar SBY.

Namun, SBY sudah berkonsultasi dan mengambil keputusan untuk menjalani sejumlah pengobatan karena hal itu merupakan tindakan yang paling tepat.

"Saya sudah mengambil keputusan dan telah berkonsultasi dengan tim dokter kepresidenan bahwa tindakan operasi inilah yang menurut saya untuk kondisi saya paling tepat," lanjutnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar