alexametrics

Cara Membersihkan Abu Vulkanik di Mobil Agar Tidak Baret

Chyntia Sami Bhayangkara
Cara Membersihkan Abu Vulkanik di Mobil Agar Tidak Baret
Ilustrasi cara membersihkan abu vulkanik di mobil agar tidak baret (Beritajatim)

Ada cara khusus untuk membersihkan kendaraan dari abu vulkanik. Simak cara membersihkan abu vulkanik di mobil agar tidak baret.

Suara.com - Erupsi Gunung Semeru menyebabkan hujan abu vulkanik di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Tumpukan abu vulkanik pada kendaraan tentu dapat merusak permukaan bodi mobil. Lantas, bagaimana cara membersihkan abu vulkanik di mobil agar tidak baret?

Partikel abu vulkanik dikenal ringan dan dapat menyusup ke hampir setiap bukaan kendaraan bahkan sampai mengikis atau menggores sebagian besar permukaan kendaraan. Ada cara membersihkan abu vulkanik di mobil agar tidak baret.

Ukuran dari abu vulkanik yang sekitar 2 milimeter, bertekstur kasar dan tajam dikhawatirkan dapat menggores permukaan mobil. Simak cara membersihkan abu vulkanik di mobil agar tidak baret.

Cara Membersihkan Mobil dari Abu Vulkanik Agar Tidak Baret

Baca Juga: 5 Penyakit Akibat Abu Vulkanik yang Perlu Diwaspadai

1. Semprot dengan Air Mengalir

Hindari mengusap mobil dengan kain saat menyiram bodi dan kaca agar bodi mobil tidak mengalami baret.

Hal yang pertama yang harus Anda lakukan saat membersihkan mobil dari abu vulkanik adalah menyiram terlebih dahulu dengan air yang mengalir dengan menggunakan selang. Pastikan volume air mencukupi agar abu-abu vulkanik dapat hilang dan terangkat dari badan mobil.

Selain itu, siram lubang pembuangan atau knalpot jika terkena debu agar tidak menciptakan sumbatan.

2. Pakai Air Sabun atau Shampoo Mobil

Baca Juga: 4 Manfaat Abu Vulkanik, Bisa Bikin Wajah Makin Glowing

Setelah disemprot dengan air mengalir, gunakan sabun atau shampoo mobil. Pilih shampoo yang berfungsi untuk menetralkan asam partikel abu vulkanik. Usap permukaan dengan lembut dan periksa setiap celah agar sabun merat dan tidak ada sisa kotongan yang tertinggal.

Komentar