alexametrics

4 Manfaat Abu Vulkanik, Bisa Bikin Wajah Makin Glowing

Chyntia Sami Bhayangkara
4 Manfaat Abu Vulkanik, Bisa Bikin Wajah Makin Glowing
Gunung Semeru Erupsi menyeburkan abu vulkanik, ternyata ada manfaat abu vulkanik [Foto: Suarajatimpost]

Di balik sederet bahaya abu vulkanik, ternyata ada manfaat abu vulkanik. Apa saja manfaat abu vulkanik? Berikut ulasannya untuk Anda.

Suara.com - Di balik sederet bahaya abu vulkanik, ternyata ada manfaat abu vulkanik yang keluar dari letusan gunung berapi. Apa saja ya manfaat abu vulkanik?

Abu vulkanik yang keluar pasca erupsi ini memiliki efek negatif, terutama bagi masyarakat yang tinggal di sekitaran wilayah erupsi. Disamping itu, ternyata ada manfaat abu vulkanik.

Berikut adalah manfaat abu vulkanik yang wajib untuk diketahui.

1. Mengandung beragam senyawa yang mampu meregenerasi lapisan tanah

Baca Juga: Jangan Asal! Ini 7 Cara Membersihkan Abu Vulkanik di Dalam Rumah, Jangan Pakai Sapu!

Dalam jangka waktu yang lama, abu vulkanik dapat mencegah terbentuknya ruang udara dalam tanah yang dapat melindungi tanaman dari akibat perubahan suhu yang drastis. Sehingga, manfaat abu vulkanik sebagai pelindung tanaman.

Selain itu, manfaat abu vulkanik lainnya dapat menahan air lebih lama yang dapat memudahkan bakteri baik berkembang biak untuk kesuburan tanah.

2. Dapat menjadi pupuk untuk pertanian

Manfaat abu vulkanik lainnya dapat digunakan sebagai pupuk yang digunakan untuk perkembangan tanaman. Abu vulkanik memiliki 4 jenis mineral yang baik untuk menyuburkan tanaman seperti Alumunium (AI), Magnesium (Mg), Besi (Fe), dan Silika (Si).

3. Dapat mengusir hama serangga atau gulma

Baca Juga: Hati-hati! Inilah Bahaya Abu Vulkanik dari Erupsi Gunung Berapi

Manfaat abu vulkanik secara alamni dapat bermanfaat untuk mengusir hama serangga yang hidup dan berkembang biak pada tanaman pertanian.

Komentar