facebook

Apa sih Makna Hujan Saat Imlek? Ini Penjelasan Ilmiah dari BMKG hingga Ahli Feng Shui yang Perlu Diketahui

Chyntia Sami Bhayangkara
Apa sih Makna Hujan Saat Imlek? Ini Penjelasan Ilmiah dari BMKG hingga Ahli Feng Shui yang Perlu Diketahui
Ilustrasi hujan, makna hujan saaat Imlek (pexels)

Apa makna hujan saat Imlek?Masyarakat Tionghoa meyakini bahwa hujan adalah sebuah simbol keberuntungan, seperti apa penjelasan BMKG dan ahli Feng Shui?

Suara.com - Perayaan Imlek tahun 2022 ini jatuh pada hari Selasa, tanggal 1 Februari 2022. Hari raya Imlek adalah sebuah bentuk rasa syukur masyarakat Tionghoa akan datangnya musim semi. Karena pada saat itu, mereka merasa seperti dipenuhi dengan keberkahan, mulai dari hasil panen yang melimpah hingga musim semi yang indah. Imlek juga dikenal sebagai festival musim semi. Banyak orang mengaitkan Imlek dengan hujan, apa makna hujan saat Imlek?

Awalnya, Imlek merupakan sebuah perayaan yang dilakukan oleh para petani di Tiongkok untuk menyambut musim semi setiap tahun. Di momen inilah mereka akan mengucapkan rasa syukur dan doa harapan agar mendapat rezeki berlimpah di tahun depan.  Lantas, apa makna hujan saat Imlek?

Di antara banyaknya tradisi Imlek yang ada, tidak sedikit orang yang selalu mengaitkan Imlek dengan hujan. Tidak sedikit orang yang bertanya, mengapa selalu turun hujan saat Imlek, dan apa makna hujan saat Imlek?

Musim Hujan saat Imlek

Baca Juga: Ritual Jelang Tahun Baru Imlek, Klenteng Tjoe Tik Kiong Ganti Baju Dewa Jadi Merah

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, hari raya Imlek memang selalu jatuh antara akhir Januari dan awal Februari, di mana pada bulan-bulan tersebut memang bertepatan dengan puncaknya musim hujan dan curah hujan juga tinggi. Inilah yang menyebabkan Imlek selalu identik dengan hujan.

Selain itu, hal tersebut juga terjadi karena perhitungan hari dalam Imlek berdasarkan fase bulan mengelilingi bumi dengan bumi mengelilingi matahari. Meski demikian, hujan yang turun pada saat Imlek tidak membuat masyarakat Tionghoa merasa terhambat dalam merayakan hari besar tersebut.

Makna hujan saat Imlek

Masyarakat Tionghoa meyakini bahwa hujan adalah sebuah simbol keberuntungan. Menurut ahli Feng Shui, turunnya hujan saat Imlek berarti Dewi Kwan Im sedang menyiram bunga Mei Hwa yang bisa diartikan sebagai turunnya berkah dari langit.

Mereka meyakini bahwa bunga Mei Hwa tersebut adalah bunga yang ditanam oleh Dewi Kwan Im menjelang Imlek. Alasan lain mengapa hujan identik dengan simbol keberuntungan adalah tidak terlepas dari sejarah etnis Tiongkok sendiri, yang kebanyakan bekerja sebagai petani dan menggantungkan hidup dengan berkebun.

Baca Juga: 30 Link Twibbon Imlek Desain Menarik, Mudah Digunakan untuk Foto Profil WhatsApp atau Story IG dan Facebook

Biasanya akan ada ritual yang menentukan apakah saat Imlek hujan akan turun atau tidak, lho. Ritual tersebut dilakukan dengan makan makanan seperti onde-onde. Jika saat makan makanan itu hujan tidak turun, maka saat Imlek pasti tidak hujan. Biasanya hujan akan turun saat Imlek malam ataupun keesokan harinya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar